Pengukuran Persepsi Pelanggan Untuk Mengembangkan Strategi Pemasaran Pada PT. Herona Express Kantor Perwakilan Tangerang
Abstract
Globalisasi dan perkembangan digitalisasi saat ini menuntut percepatan dan efisiensi pada aktivitas ekonomi masyarakat. Sejalan dengan hal tersebut, banyak perusahaan penyedia jasa logistik yang menawarkan kemudahan dalam menjalankan kegiatan logistik. Strategi pemasaran menjadi hal yang penting dan mendasar bagi banyak perusahaan, adanya strategi pemasaran yang baik dan sesuai dengan target pasar, hal ini membantu memperlancar dalam menjual berbagai jasa yang dimiliki perusahaan tersebut. semakin banyak jasa layanan yang terjual akan memberikan peningkatan pendapatan perusahaan. PT. Herona Express Tangerang dipilih untuk menjadi studi kasus yang dikaji. Perusahaan ini bergerak pada bidang jasa angkutan dan pengiriman barang yang menjangkau seluruh kota di pulau Jawa dan pulau Bali. hal ini disebabkan karena adanya aspek manajerial, aspek logistik, dan aspek strategi pemasaran yang tidak akurat sehingga perusahaan ini memperlukan perbaikan untuk membantu meningkatkan performa kinerja perusahaan perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik konsumen dalam memilih produk layanan jasa, atribut pemasaran apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih produk, dan strategi pemasaran seperti apa yang ideal diterapkan untuk perusahaan. Proses penelitian menggunakan observasi, penyebaran kuesioner kepada 80 responden. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode Marketing Mix 7P, Model Multi Atribute Fishbein, dan SWOT. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ditemukan permasalahan yang terdapat pada enam variabel yang mendapatkan nilai negatif (perbaikan), yaitu Aspek Product pada variabel "X2_1" berjumlah 10,61. Aspek promotion pada variabel "X3_1" berjumlah 10,66, Aspek promotion pada variabel "X3_3" berjumlah 10,49. Aspek promotion pada variabel "X3_5" berjumlah 9,95. Aspek promotion pada variabel "X3_7" berjumlah 10,56. Aspek physical evidence pada variabel "X7_3" berjumlah 10,63. Dari hasil temuan diatas, maka diperoleh suatu strategi untuk dapat mengembangkan PT. Herona Express Tangerang yaitu pengembangan Standard Operational Procedure, melengkapi material handling, menentukan peranan serta tanggung jawab setiap karyawan dengan jelas, penentuan segmentasi konsumen juga dapat membantu perusahaan untuk menentukan promosi yang akan ditawarkan, pengembangan all-in one service, mengembangkan jejaring kerjasama dengan perusahaan tramsportasi masal, serta perusahaan harus secara proaktif memberikan informasi kepada pelanggan tentang jadwal libur dan periode non-operasional perusahaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhuda, s. A. (2014). Strategi peningkatan kunjungan wisatawan di ekowisata bahari pantai pulau merah kabupaten banyuwangi.
Analisis lingkungan internal dan eksternal bisnis perusahaan. (n.d.).
Ariffien, afferdhy, irayanti adriant, and tati setiati. 2019. Pengendalian persediaan untuk mengurangi biaya total persediaan pada bahan baku kapas dengan pendekatan continuous review (s, s) system dan metode hadley-within (studi kasus: pt. Grand textile industry). Vol. 5.
Asep wildan solihin. (2015). Kontribusi kinerja manajerial kepala sekolah dan kinerja komite sekolah terhadap mutu sekolah dasar negeri di kecamatan jatiwangi.
Analisis lingkungan internal dan eksternal bisnis perusahaan. (n.d.).
Asep wildan solihin. (2015). Kontribusi kinerja manajerial kepala sekolah dan kinerja komite sekolah terhadap mutu sekolah dasar negeri di kecamatan jatiwangi.
Analisis lingkungan internal dan eksternal bisnis perusahaan. (n.d.).
Bettman, j. R., capon, n., & lutz*, r. J. (n.d.). Miultiattribute measurement models and multiattribute attitude theory: a test of construct validity
Darmawan, armin, amrin rapi, and a alief rachmat. 2021. “kajian kualitas layanan jasa transportasi logistik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan pendekatan metodezone of tolerance (zot).†Jurnal ilmiah teknik industri 9 (1)
Drs. Danang sunyoto, s.h., s.e., m.m. 2018.†Konsep dasar riset pemasaran & perilaku konsumen.â€alhuda, s. A. (2014). Strategi peningkatan kunjungan wisatawan di ekowisata bahari pantai pulau merah kabupaten banyuwangi.
Bettman, j. R., capon, n., & lutz*, r. J. (n.d.). Miultiattribute measurement models and multiattribute attitude theory: a test of construct validity.
Diets, f. (2021). Analisis strategi terhadap pengembangan makassar new port menjadi international hub port. 1.
Dwiyan, n. R. (2019). Pengaruh servicescape terhadap revisit intention yang dimediasi oleh perceived service quality (studi pada garden thematic cafe di kota malang).
Fishbein, m., & ajzen, i. (1977). Belief, attitude, intention, and behavior: an introduction to theory and research.
Garside, a. K. (n.d.). Pemilihan penyedia layanan logistik dan optimasi alokasi pengiriman dengan fuzzy analytical hierarchy process, grey topsis dan goal programming. Eprints.umm.ac.id.
Hendrarini, h., sunarsono, r. J., erviyanti, y., & soedarto, t. (2020). The identification of ready-to-eat banana’s superior attributes through the fishbein multi-attribute approach. Bulgarian journal of agricultural science, 26(1), 34–42.
Hovorushchenko, t., glukhov, v., & hovorushchenko, o. (2020). Modelling the process of determining the tourist demand based on fishbein’s multi-attribute model. International scientific and technical conference on computer sciences and information technologies, 1, 308–311.
Nurhayati, s. R. (n.d.). Strategi bisnis dengan pendekatan business model canvas pada usaha pengolahan kerupuk ikan gabus ud al-barokah desa kedung peluk kecamatan candi kabupaten sidoarjo. 2017.
Puguh cahyono. (2016). Implementasi strategi pemasaran dengan menggunakan metode swot dalam upaya meningkatkan penjualan produk jasa asuransi kecelakaan dan kematian pada pt. Prudential cabang lamongan.
Putra, b. P. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat kota banda aceh dalam pengambilan produk pembiayaan pada pt bank bni syariah cabang banda aceh.
Putu, o., fajarini, f., & log, s. (2020). Artikel tiga dekade : third party logistics ( 3pl ) dari masa ke masa. 1–6.
R. Sigit saputra guntur. (2017). Analisis uji validitas dan reliabilitas tes buatanguru bahasa makassar kelas viii smpn 2 binamukabupaten jeneponto.
Rahmawan, r. (2014). Perencanaan strategis pengembangan usaha agroindustri egg roll donna (studi kasus di cv. Bandung utama desa ngroto, kecamatan cepu, kabupaten blora, jawa tengah.
Ramakrishna, n., & babu s, h. (2021). Traveller’s expectations towards upcoming airport services in select tier 2 and tier 3 cities of south india. Towards excellence, 13(2), 997–1005. Https://doi.org/10.37867/te130284
Rangkuti, f. (2017). Teknik membedah kasus bisnis analisis swot. Jakarta : pt.gramedia pustaka utama.
Rezki try putri. (2016). Analisis perancangan survei.
Robert, b., & brown, e. B. (2004). Relating students’ academic disciplines to five pillars of islam (issue 1).
Silvia, w. (2010). Pengaruh persepsi konsumen terhadap perilaku pembelian produk house brand beras giant.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung:alfabeta.
Soepriyadi, irzan. 2021. “dukungan terhadap pengembangan industri logistik kargo atau barang udara.†Mediastima 27 (2): 110–39.
Suntoro, 2020. Fundamental manajemen logistik. Jakarta: pt. Gramedia pustaka utama.
Tariq khan, muhammad. 2014. “the concept of ‘marketing mix’ and its elements (a conceptualreview paper).†International journal of information, business and management 6 (2): 95–107.
Wiranata, p. 2021. “proses pelaksanaan bongkar muat peti kemas di depo pt. Salam pacific indonesia lines,†11.
Wulandari, dewi. 2019. “pengaruh media promosi terhadap minat anggota koperasi bmt al-hasanah mandiri sejahtera kecamatan sekampung kabupaten lampung timur.†Carbohydrate polymers 6 (1): 5–10.
Refbacks
- There are currently no refbacks.