Strategi Model Small Grup Discussion Terhadap Pertumbuhan Wawasan Global dan Partisipasi Belajar Siswa

Eges Triwahyuni

Abstract

Pembelajaran Small Grup Discussion adalah pembelajaran yang melibatkan kelompok, dimana dalam pengelompokannya menggunakan pola kelompok asal dan kelompok ahli.Kelompok asal adalah kelompok yang telah dibentuk oleh guru pada awal pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk Mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, mengevaluasi  Strategi Model Small Grup Discussion Terhadap Pertumbuhan wawasan global dan Partisipasi Belajar Siswa. Hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan penelitian penerapan Model Small Grup Discussion dalam meningkatkan Pertumbuhan wawasan global dan Partisipasi Belajar  di kelas XII  SMK Maqnaul Ulum  dilaksanakan menjadi tiga tahap yaitu perencanaan Model Small Grup Discussion, Pelaksana atau proses pembelajaran Model Small Grup Discussion, dan Evaluasi atau penilaian. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) Perencanaan Strategi Model Small Grup Discussion Terhadap Pertumbuhan wawasan global dan Partisipasi Belajar Siswa diwujudkan dalam kegiatan guru dalam perencanaan yaitu dengan mengembangkan aspek keterampilan berpikir kritis dan wawasan global terutama dengan indikator pembentukan masalah, mampu bertanya dan menjawab pertanyaan, memiliki pemikiran kritis dan logis dalam analisis masalah, sehingga dapat mencari informasi yang relevan dan menyimpulkan hasil presentasi. (2) Pelaksanaannnya berupa Terbentuknya sikap kritis siswa dalam pembelajaran, yang paling menonjol dalam aktivitas siswa ketika siswa dapat bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan siswa lain pada saat presentasi, pekerjaannya berkaitan dengan fakta dan logis menurut pemikiran siswa lain.

Keywords

Strategi Model Small Grup Discussion, Pertumbuhan Wawasan Global, Partisipasi Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References

Amin Suyitno,(2007) Pemilihan Model-Model Pembelajaran dan Penerapannya di SMP, (Semarang: FMIPA UNNES,

Arikunto ,Suharsimi, (2015), Manajemen Penelitian,Jakarta, RinekaCipta

Arsyad, Azhar, (2009), Media pembelajaran, Jakarta, PT.Raja Grafindo Persada

Alec Fisher. (2009) Berpikir Kritis. Sebuah Pengantar.Terj. Beyamin Hadinatara. Jakarta:Erlangga

Bogdan, Biklen, 1982 Pengantar studi Penelitian, PT ALFABETA, Bandung,

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP

Moleong, j, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Moh.Uzer Usman dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Usman, Muh. User, Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. (Bahan Kajian PKG, MGBS, MGMP). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Degeng, NyomanS, (2013),Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian, Bandung, Kalam Hidup

Djamarah, Syaiful Bahri, (2000),Prestasi Belajardan Kompetensi Guru, Surabaya, Usaha Nasional

Fadlillah,Muhammad, (2012), Desain Pembelajaran SMP, Jogjakarta, ArRuzzMedia

Hamzah B Uno, 2011.wawasan global dan Pengukurannya. Bandung : Rosdakarya.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, Oemar. 1994. Belajar dan Media Belajar. Bandung: Cipta Aditya Bakti.

Hamalik,Oemar (1994), Media Pendidikan, Bandung, Cipta Aditya Bakti

Huda, Miftahul (2013),Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis, Yogyakarta, PustakaPelajar

Ismail,2008 Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, (Semarang: RaSail Media Group, ),

Mahdan, (2011), Hubungan Antara Minat,Sikapdan Kebiasaan Belajar, Gaya Belajar, Dan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Mataram, Hasil Penelitian Tidak Dipublikasikan, Surabaya, Universitas Negeri Surabaya.

Noor,Juliansyah, (2011), Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah, Jakarta, KENCANA

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Permendikbud No. 137 Tahun 2014,Standar Nasional Pendidikan. Jakarta

Reigeluth,CharlesM, (1999), Instructional Design Theories and Models, Lawrence Erlbaurn Associates,Inc

Riduwan, (2013), Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung, ALFABE

Trianto,2011, Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya, (Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya. Kencana Prenada Media Group

Refbacks

  • There are currently no refbacks.