Hubungan Self-Consciousness dengan Self-Presentation Karyawan Perhotelan di Bekasi
Abstract
Sektor pariwisata merupakan sektor tersier dimana preferensi wisatawan sangat ditentukan oleh tingkat kenyamanan. Salah satu hal yang dapat menarik pengunjung adalah bagaimana karyawan perhotelan menampilkan penampilan dengan baik, melalui penampilan diri yang profesional dan sesuai dengan standar industri, karyawan akan menyajikan diri mereka dengan percaya diri dan membangun kesan yang positif pada tamu dan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara self-consciousnes dengan self-presentation pada karyawan perhotelan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah karyawan perhotelan di Bekasi. Pengambilan sampling menggunakan teknik accidental sampling 104 orang. Analisis data menggunakan Pearson’s Product Moment, pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner melalui google form, Alat ukur yang digunakan yaitu skala self-consciousness yang disusun berdasarkan dimensi self-consciousness menurut Fenigstein, Scheir & Buss (1975), dan skala self-presentation yang disusun berdasarkan dimensi self-presentation menurut Yang & Bradford Brown (2016). Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara self-consciousness dengan self-presentation karyawan perhotelan di Bekasi dengan r sebesar 0,243 p value <0,013. Yang berarti semakin tinggi Self-presentation, maka akan semakin tinggi juga Self-consciousness, begitupun sebaliknya. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya melakukan penelitian serupa tidak hanya pada karyawan perhotelan. Selain itu, peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk memperdalam faktor lainnya yang dinilai berhubungan dengan self-presentation untuk memperkaya kajian. Serta dapat memperluas jangkauan penelitian mulai dari lokasi, jumlah dan variasi subjek sehingga dapat melihat hasil secara menyeluruh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik. (2024). Perkembangan Pariwisata Maret 2024. Badan Pusat Statistik, 5(32), 1–20. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2024/05/02/2350/perkembangan-pariwisata-maret-2024.html
Carver, C. S., Antoni, M., & Scheier, M. F. (1985). Self-Consciousness and Self-Assessment. Journal of Personality and Social Psychology, 48(1), 117–124. https://doi.org/10.1037/0022-3514.48.1.117
Doherty, K., & Schlenker, B. R. (1991). Self?Consciousness and Strategic Self?Presentation. Journal of Personality, 59(1), 1–18. https://doi.org/10.1111/j.1467-6494.1991.tb00765.x
E. Shelley, L. Taylor, A. Peplau, D. O. S. (2015). Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas (12th ed.). Kencana Prenada Media.
Fenigstein, A., Scheier, M. F., & Buss, A. H. (1975). Public and private self-consciousness: Assessment and theory. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 43(4), 522–527. https://doi.org/10.1037/h0076760
Goffman, E. (1986). The Presentation of Everyday Life. Urban Life, 15(1), 103–121. https://doi.org/10.1177/0098303986015001004
Habib, H. (2022). WAJIB! 9 Skill Perhotelan yang Harus Karyawan Hotel Miliki. Myrobin.Id. https://myrobin.id/untuk-pekerja/skill-perhotelan/
Hart, W., Tortoriello, G. K., & Richardson, K. (2019). Profiling public and private self-consciousness on self-presentation tactic use. Personality and Individual Differences, 147(March), 53–57. https://doi.org/10.1016/j.paid.2019.04.010
Majid, M. F. A. F. (2021). Membangun Konsistensi Belajar Melalui Self Control Dan Self Consciousness. Jurnal PAI Raden Fatah, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.19109/pairf.v3i1.4476
Periantalo, J. (2016). Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Pustaka Pelajar.
Persada, D. (2024). Standar Grooming Perhotelan yang Harus Dipatuhi Karyawan. Duta Persada Jogja. https://www.dutapersadajogja.com/article/detail/127/standar-grooming-perhotelan-yang-harus-dipatuhi-karyawan#:~:text=Citra baik suatu hotel akan,yang profesional dan good looking.
Rose, N. N., Ishak, A. S., Sultan, N. H. H., Ismail, F., & Fahrudin, A. (2022). Effect of Digital Technology on Adolescents. January, 1–18. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-8318-0.ch001
Safitri, D., Fitriani, A., & Izzati, I. D. C. (2023). Hubungan Self Consciousness Dan Body Image Dengan Self Presentation Pengguna Instagram. Psyche: Jurnal Psikologi, 5(1), 60–73. https://doi.org/10.36269/psyche.v5i1.1217
Setiawan, I. R. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Pariwisata: Perspektif Potensi Wisata Daerah Berkembang. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 1(1), 24. https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/301
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Teguh, S., Saifullah, A., Jati S, W., Widyaningrum, & Adriyani, S. (2023). Statistik Hotel Dan Akomodasi Lainnya Di Indonesia 2023. In T. Sugiyarto (Ed.), Badan Pusat Statistik (Vol. 38). BPS-Statistics Indonesia.
Umnadmin. (2022). Simak 5 Skill yang Akan Kamu Pelajari di Jurusan Perhotelan. Universitas Multimedia Nusantara. https://www.umn.ac.id/simak-5-skill-yang-akan-kamu-pelajari-di-jurusan-perhotelan/
Yang, C. chen, & Bradford Brown, B. (2016). Online Self-Presentation on Facebook and Self Development During the College Transition. Journal of Youth and Adolescence, 45(2), 402–416. https://doi.org/10.1007/s10964-015-0385-y
Refbacks
- There are currently no refbacks.