Hubungan Motivasi Berprestasi Terhadap Grit Pada Siswa SMA X Kabupaten Bekasi yang Mengikuti Ekstrakurikuler

Harrifki Anugrah S, Erik Saut H. Hutahaean

Abstract

Sekolah adalah lembaga pendidikan yang mengelola kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan dan mengembangkan kemampuan siswa. Selain pembelajaran di kelas, kegiatan ekstrakurikuler juga memainkan peran penting dalam mengembangkan potensi dan bakat siswa. Kegiatan ekstrakurikuler membantu siswa dalam penerapan ilmu, mengasah keterampilan, dan membentuk kepribadian yang kuat. Namun, tidak semua siswa dapat mengatur waktu dengan baik antara kegiatan ekstrakurikuler dan tugas sekolah. Manajemen waktu yang baik penting untuk keberhasilan akademik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan 120 sampel. Uji yang digunakan adalah uji regresi linear. Analisis Penelitian menunjukkan bahwa grit, atau kegigihan, merupakan faktor penting dalam mencapai prestasi akademik. Motivasi berprestasi dan sikap mandiri juga berperan penting dalam keberhasilan siswa. Prestasi akademik memberikan keuntungan bagi siswa dalam mencapai tujuan pendidikan tinggi dan masa depan yang sukses. Oleh karena itu, pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler oleh lembaga pendidikan perlu diperhatikan agar dapat menunjang perkembangan siswa secara optimal.

Keywords

Motivasi berprestasi, Grit Akademik

Full Text:

PDF

References

Chrisantiana, T. G., & Sembiring, T. (2017). Pengaruh Growth dan Fixed Mindset terhadap Grit pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas “X” Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 133. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.422

Duckworth, A. L., & Quinn, P. D. (2009). Development and validation of the short Grit Scale (Grit-S). Journal of Personality Assessment, 91(2), 166–174. https://doi.org/10.1080/00223890802634290

Eskreis-Winkler, L., Shulman, E. P., Beal, S. A., & Duckworth, A. L. (2014). The grit effect: Predicting retention in the military, the workplace, school and marriage. Frontiers in Psychology, 5(FEB), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2014.00036

Gustia, M., & Aviani, Y. I. (2019). Kontribusi harapan pekerjaan terhadap kegigihan pada polisi di satbrimob sumatera barat. Jurnal Riset Psikologi, 1(I), 1–10. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/psi/article/view/7093/3373

Inriyani, Y., Wahjoedi, & Sudarmiatin. (2020). Peran kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan prestasi belajar IPS. Jurnal Pendidkan, 8(2), 1–7. https://core.ac.uk/download/pdf/267023922.pdf

Jannah, M., & Muis, T. (2014). Prokrastinasi Akademik (Perilaku Penundaan Akademik) Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK Unesa, 4(3), 1–8.

Knifsend, C. A. (2018). Extracurricular Involvement, Friendship Diversity, and Adolescent Adjustment. Journal of Youth and Adolescence, 47(2), 294-309. 4(1), 1–23.

Mardelina, E., & Muhson, A. (2017). Mahasiswa Bekerja Dan Dampaknya Pada Aktivitas Belajar Dan Prestasi Akademik. Jurnal Economia, 13(2), 201. https://doi.org/10.21831/economia.v13i2.13239

Margareta, R. S., & Wahyudin, A. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar, Perfeksionisme Dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prokrastinasi Akademik Dengan Regulasi Diri Sebagai Variabel Moderating. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 18–23. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/29762

Muyasaroh, S. (2019). Pengelolaan Kelas dalam Melaksanakan Pembelajaran Aktif. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i1.58

Periantalo, J. (2016). Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Pustaka Pelajar.

Rais, M. F., & Syafruddin. (2020). Analisis Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Adabiah Padang. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 3(6), 7–14.

Rasyidi, A. T., Asdar, A., & Sappaile, B. I. (2020). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler, Manajemen Waktu, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII. Issues in Mathematics Education (IMED), 4(2), 147. https://doi.org/10.35580/imed15326

Saputri, L., & Syaputra, D. S. (2021). Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Pembentukkan Karakter Siswa Sma Negeri 1 Brandan Barat. Jurnal Serunai Matematika, 12(2), 69–75. https://doi.org/10.37755/jsm.v12i2.308

Schmidt, F. T. C., Fleckenstein, J., Retelsdorf, J., Eskreis-Winkler, L., & Möller, J. (2019). Measuring grit: A German validation and a domain-specific approach to grit. European Journal of Psychological Assessment, 35(3), 436–447. https://doi.org/10.1027/1015-5759/a000407

Shukla, S. (2017). Grit: The Power of Passion and Perseverance. Harvard Educational Review, 87(4), 588–592. https://doi.org/10.17763/1943-5045-87.4.588

Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wang, M. (2020). Version of Record: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0959475216300081. 0–40.

Widiyati, T. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Rupa Materi Seni Rupa Murni Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Learning By Doing Pada Siswa Kelas IX.8 SMP Neger 1 Praya Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(1), 142–155. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i1.1035

Zimmerman, E., & Brogan, L. (2015). Grit and Legal Education. Pace Law Review, 36(1), 112. https://doi.org/10.58948/2331-3528.1913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.