Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas X Pada Materi Pemanasan Global Dengan Metode Diskusi Kelompok Berbantuan Video Interaktif
Abstract
Penelitian mengkaji mengenai dampak metode diskusi kelompok dengan media video interaktif mempengaruhi pemahaman siswa kelas x pada materi dampak pemanasan global. Adapun metode penelitian yang peneliti gunakan ialah pre-experiment dengan one group pretest- posttest design. Sampel yakni sejumlah lima belas siswa diambil dari populasi siswa kelas X SMA yang berdomisili di Depok menggunakan teknik random sampling dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pretest dan postest. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini terbukti meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Hal ini dibuktikan dengan indeks gain rata-rata yang mencapai 10.08667, menunjukkan efektivitas yang tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, N., & Yuhandini, D. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan SADARI. Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 6(2), 162. https://doi.org/10.33366/cr.v6i2.929
Ahmad, M., & Tambak, S. (2018). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 64–84. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585
Atika, D., Nuswowati, M., & Nurhayati, S. (2018). Pengaruh Metode Discovery Learning Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2149 – 2158. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/15474
Irwan, I. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.24256/iqro.v1i1.312
Suandi, I. N. (2022). Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 135. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.45083
Refbacks
- There are currently no refbacks.