Analisis Kinerja Birokrasi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya Dalam memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat
Abstract
Artikel ini membahas mengenai kinerja Birokrasi pelayanan masyarakat dalam wilayah Sektor Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu lingkup Kepolisian Polda Metro Jaya. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian Kualitatif dengan pengolahan data pada penelitian ini berasal dari wawancara dan observasi lapangan untuk memperkuat hasil kesimpulan. Sebuah alur pelayanan dan ketepatan dalam memberikan pelayanan terpadu bagi kepolisian merupakan sebuah pengaruh besar antara faktor birokrasi dengan tugas kepolisian dalam bagian SPKT. Selain itu SPKT juga merupakan sebuah layanan integritas bagi masyarakat yang mempunyai keluhan dan masalah terkait Pelayanan kepolisian dan tindak kriminalitas. Sebagai unit pelayanan terpadu, SPKT berperan penting dalam menjaga alur pelayanan yang efisien dan memberikan respons yang cepat terhadap laporan masyarakat. Dalam konteks birokrasi, hal ini melibatkan koordinasi yang baik antara berbagai bagian atau divisi di kepolisian, agar informasi dan tugas dapat mengalir dengan lancar dan tidak terhambat. Dengan adanya SPKT, diharapkan masyarakat dapat dengan mudah mengakses pelayanan kepolisian yang mereka butuhkan, serta merasa didengar dan dihormati dalam penanganan kasus atau pengaduan yang mereka laporkan. SPKT juga berfungsi sebagai jembatan antara masyarakat dan kepolisian dalam membangun kepercayaan dan kerjasama yang saling menguntungkan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat.Hasil penulisan ini akan mendeskripsikan pelayanan yang baik antara birokrasi dan politik terkait Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). Penelitian ini memiliki potensi untuk digunakan sebagai dasar dalam perbaikan dan pengembangan lebih lanjut dalam pelayanan kepolisian. Selain itu, penelitian ini juga berkontribusi dalam menjaga integritas lembaga kepolisian dan membangun kepercayaan masyarakat dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrizal, D. (2018, April). Analisis Kinerja Birokrasi Publik pada Dinas Sosial Kota Dumai. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, Volume 13 Nomor 1. https://doi.org/10.31258/sorot.13.1.5655
ANDI FITRIYANI. (2015, Januari-Desember). ANALISIS FUNGSI PUBLIC RELASI DAN PELAYANAN PUBLIK PADA BIRO UMUM DAN HUMAS KANTOR GUBERNUR MALUKU. Mediasi, 9. https://core.ac.uk/download/pdf/229361413.pdf
Azzam, M. (2018, September 3). Ini Fasilitas yang Tersedia di Pelayanan Satu Atap Polda Metro Jaya, ada Ruang Bermain Anak - Wartakotalive.com. Wartakotalive.com. Retrieved June 5, 2023, from https://wartakota.tribunnews.com/amp/2018/09/03/ini-fasilitas-yang-tersedia-di-pelayanan-satu-atap-polda-metro-jaya-ada-ruang-bermain-anak?page=2
Bosko, A. T., & Mael, M. Y. (2021, 08 31). KINERJA SENTRA PELAYANAN KEPOLISIAN TERPADU (SPKT) KEPOLISIAN RESORT (POLRES) TIMOR TENGAH UTARA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK KEPADA MASYARAKAT. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Vol 3 No 2. https://doi.org/10.32938/jan.v3i2.2569
Human Menpan RB. (2019, January 15). Pelayanan Publik Lima Polres di Lingkungan Polda Metro Jaya Dapat Nilai B. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Retrieved June 5, 2023, from https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/pelayanan-publik-lima-polres-di-lingkungan-polda-metro-jaya-dapat-nilai-b
Humas Polda Metro. (n.d.). Profil – Tribratanews Polda Metro Jaya. Tribratanews Polda Metro Jaya. Retrieved June 4, 2023, from https://tribratanews.metro.polri.go.id/profil/
Imansyah Abinda Firdaus. (n.d.). Jurnal Kebijakan dan Inovasi Daerah (2022)Jurnal Kebijakan dan Inovasi Daerah t t p s : / / j u r n a l . Inovasi Pelayanan Publik dalam Rangka Pengembangan Ekonomi Inklusif di Kota Bekasi. Jurnal Kebijakan dan Inovasi Daerah.
Jamil Bazarah. (2021, Desember Rabu). KONSEP PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA (Analisis Literasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia). Jurnal Ilmiah, Sosial Hukum Budaya, 22. Retrieved Juni senin, 2023, from http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/5860/5575
Karuk, M. (2019, April 12). SEJARAH SINGKAT POLDA METRO JAYA | Direktorat Reserse Kriminal Khusus. Direktorat Reserse Kriminal Khusus. Retrieved June 5, 2023, from https://reskrimsus.metro.polri.go.id/2019/04/12/sejarah-singkat-polda-metro-jaya/
Maryam, N. S. (2016, Juni). MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE MELALUI PELAYANAN PUBLIK. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, Volume VI No. 1.
Meyer, M. W. (1968). Automation and bureaucratic structure. American Journal of Sociology, 74(3), 256-264.
Saputro, H. E. (2015, Juni). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK. Jurnal Professional FIS UNIVED, Vol. 2 No.1.
Yayat Rukayat. (2018, Maret Minggu). Kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di kecamatan pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi, Vol.11. https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jimia/article/view/32
Refbacks
- There are currently no refbacks.