Penerapan Sikap Disiplin Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Di Sekolah SMP Negeri 1 Padang Gelugur

Saimatur Rohmah, Fenny Ayu Monia, Derliati D

Abstract

Patuh dalam perihal melaksanakan aktivitas Shalat Dhuha merupakan perihal yang berarti untuk kemajuan partisipan ajar, paling utama dalam hal beribadah supaya partisipan ajar terbiasa dalam melaksanakan aktivitas Shalat Dhuha alhasil bisa tidak berubah- ubah dalam melaksanakan ibadah. Alhasil esoknya bisa jadi orang yang beragama, bertaqwa serta bermoral agung. Riset ini ialah riset kualitatif, karena periset melaksanakan riset ini dengan cara alami serta alami. Tipe riset ini ialah riset diskriptif,. Metode pengumpulan informasi yang dipakai periset ialah pemantauan dengan tipe kontestan. Dimana peniliti berasosiasi dalam cara pembelajaran. Serta pula pemilihan yang berbentuk catatan- catatan yang didapat periset dikala melakukan riset. Posisi Riset ini ialah di SMP Negara 1 Padang Gelugur. Poin dalam Riset ini ialah Anak didik SMP Negara 1 Padang Gelugur. Hasil Riset membuktikan aplikasi patuh lewat aktivitas Shalat Dhuha di SMP Negara 1 Padang Gelugur paling tidak bisa meminimalisir tingkatan keterlambatan partisipan ajar buat tiba ke sekolah, alhasil kala partisipan ajar tiba pas durasi ke sekolah serta dapat patuh menjajaki Shalat Dhuha dengan cara berjama‟ah. Alhasil Shalat Dhuha di sekolah bisa terselenggara. Sholat dhuha ialah salah satu sholat sunnah yang dilakasanakan minimun 2 kali dalam sepekan. Anak didik siswi SMP N 1 Padang Gelugur seluruh diharuskan melakukan sholat dhuha biar dapat teratur serta patuh, sebab sholat dhuha bisa membuat sikap yang bagus( akhlakul karimah). Tetapi disisi lain, sedang banyak anak didik yang kurang teratur, kerap telanjur dalam menjajaki sholat dhuha.

Keywords

Disiplin, Sholat Dhuha, Siswa

Full Text:

PDF

References

Conny R. Semiawan, Aplikasi Pembelajaran Pada Anak,( Jakarta: PT Indikator, 2008), Hlm. 90

Syarif Hidayatullah serta Feny Cantik Monia, Akibat Pendidikan Aqidah Adab kepada Sikap Anak didik Kategori IX Di MTSN 11 Agam.( Harian objektif multidisiplin). perihal 293

Muhammad Fatthurohman serta Sulistyorini, Mererntas pendidikan Bermutu Dalam Pendidikan Islam,( Yogyakarta: Teras, 2012), h. 5

Isyah Radiyah, Feny Cantik Monia. Kedudukan Guru dalam Membuat Kepribadian Anak didik Lewat Pendidikan Agama Islam di SMAN 01 Kecamatan Kapur IX, Kabupaten 5 Puluh Kota.( Harian Gagasan Pendidikan), perihal 16.

Sayyid Sabiq, Fiqh Sunnah,( Jakarta: Pen Pundi Aksara, 2006) cet. 1, hlm. 125- 126

Murharvika Aprilia, Fenny Cantik Monia. Pemakaian Alat Film Serta POWERPOINT DALAM Tingkatkan Atensi Anak didik kepada Pembelajaran DI SMP Negara 1 PANTI.( Harian Pendidikan serta Sosial Humaniora). perihal 45

Abdurrahman An- Nahlawi.( 1995). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah serta Warga.( Jakarta: Dengung Insani Press. Hlm. 139.

Syaiful Bahri Djamarah, Rahasia Berhasil Belajar,( Jakarta: Rineka Membuat, 2002), hlm. 13

Suyadi, Jadi Banyak Dengan Shalat Dhuha,( Yogyakarta: Kawan kerja Pustaka, 2008), hlm. 1

Faqih Purnomosidi, Sholat Dhuha Selaku Alat Ajakan Pada Daya Pendidikan Di Universitas Sahid Surakarta,( Harian Bakat Ilmu jiwa,), Vol. XI, Nomor. 1, h. 45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.