Perkembangan Bahasa Indonesia di Lingkungan Etnis Jawa Kelas I SDN I Kendalbulur Tulungagung

Muhamad Ervan Fauzi, Rahmad Setyo Jadmiko

Abstract

Berdasarkan pra observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di SDN I Kendalbulur, Boyolangu, Tulungagung mendapatkan bahwa didalam lingkungan sekolah tersebut terdapat peserta didik kelas I yang dominan menggunkan bahasa daerah untuk berkomunikasi. Perkembangan bahasa Indonesia merupakan suatu hal yang sangat penting bagi umat manusia dengan berkembangnya suatu bahasa umat manusia dapat melakukan komunikasi dengan etnis yang lainnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, merupakan data yang berkenaan dengan fakta, keadaa, variabel, dan fenomena yang terjadi saat penelitian berlangsung dan menyajikan apa adanya. Subjek penelitian ini peserta didik kelas I SDN I Kendalbulur. Instrument penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Hsil observasi yang telah dilakukan telah diketahui pencapaian indikator mendengarkan kata yang diucapkan orang lain, menjawab pertanyaan sesuai dengan pertanyaan, memahami banyak perintah secara bersamaan, mendapatkan nilai sangat tinggi, hal ini dapat di simpulkan bahwa peserta didik tersebut berkembang dalam berbahasa Indonesia dengan sangat baik yang dilihat dari 3 indikator. Dari 3 indikator tersebut peserta didik yang memiliki sekor sangat tinggi (81%-100%) berjumlah 12 peserta didik sedangkan peserta didik yang memiliki sekor tinggi (61%-80%) berjumlah 3 peserta didik.

Keywords

Indonesia, perkembangan bahasa, cultural

Full Text:

PDF

References

Aini, N. (2019). Bahasa Indonesia Sebagai Alat Media Komunikasi Sehari-Hari. Universitas Mitra Indonesia, 3.

Alfani, M. H. (2018). Analisis Pengaruh Quality of Work Life (Qwl) Terhadap Kinerja

Dan Kepuasan Kerja Karyawan Pt. Bank Bri Syariah Cabang Pekanbaru. Jurnal

Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 1(1), 1–13.

https://doi.org/10.25299/jtb.2018.vol1(1).2039

Ariana, R. (2016). Analisis Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Di Tk Bruder Melati Kecamatan Pontianak Kota. 1–23.

Brier, J., & Lia Dwi Jayanti. (2020). Hubungan Etnis Cina Dengan Pribumi: (Sebuah

Tinjauan Sosiologis). 21(1), 1–9. http://journal.um surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Khoiriah, A. (2019). Perbedaan Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak Usia Prasekolah Antara Yang Mengikuti dengan Yang Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini di TK-IT Insan Permata Malang. Journal Of Issues In Midwifery, 3(2), 40–47. https://doi.org/10.21776/ub.joim.2019.003.02.4

Maidah, D. (2013). Self Injury Pada Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pelaku Self Injury). Development and Clinical Psychology, 2(1), 6–13.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/dcp/article/view/2088

Muradi, A. (2018). Pemerolehan Bahasa Dalam Perspektif Psikolinguistik Dan Alquran.

Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i2.2245

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 306–319.

Nurgiansah, T. H. (2018). Pengembangan Kesadaran Hukum BerlaluLlintasSsiswa

Melalui Model Pembelajaran JurisPrudensial Dalam Pendidikan

Kewarganegaraan. Tarsinto.

Oktarizka, D. A., Endelta, I., Lestari, R. E., Safitri, W., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (2018). Mengkaji Hakikat dan Filosofi Bahasa. Repository Unja, 1(1 juli 2018), 1–9.

Pratiwi, nuning. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial, 1, 213–214.

Ratulangi, A. C., Pangemanan, S. E., & ... (2021). Pengelolaan Dana Alokasi Umum (DAU) Di Kelurahan Pandu Kecamatan Bunaken Kota Manado. …, 1(2), 1–11. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/governance/article/view/34719

Sasmi Nelwati; Habib Khalilur Rahman. (2022). Analisis Teori Kogntif Jean Piaget Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 4(1), 13–22.

Sibarani, B. (2013). Bahasa, Etnisitas dan Potensinya Terhadap Konflik Etnis. Bahas Unimed, 39(85), 1–10. http://digilib.unimed.ac.id/998/1/FullText.pdf

Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.