Perkembangan Bahasa Indonesia di Lingkungan Etnis Jawa Kelas I SDN I Kendalbulur Tulungagung
Abstract
Berdasarkan pra observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di SDN I Kendalbulur, Boyolangu, Tulungagung mendapatkan bahwa didalam lingkungan sekolah tersebut terdapat peserta didik kelas I yang dominan menggunkan bahasa daerah untuk berkomunikasi. Perkembangan bahasa Indonesia merupakan suatu hal yang sangat penting bagi umat manusia dengan berkembangnya suatu bahasa umat manusia dapat melakukan komunikasi dengan etnis yang lainnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, merupakan data yang berkenaan dengan fakta, keadaa, variabel, dan fenomena yang terjadi saat penelitian berlangsung dan menyajikan apa adanya. Subjek penelitian ini peserta didik kelas I SDN I Kendalbulur. Instrument penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Hsil observasi yang telah dilakukan telah diketahui pencapaian indikator mendengarkan kata yang diucapkan orang lain, menjawab pertanyaan sesuai dengan pertanyaan, memahami banyak perintah secara bersamaan, mendapatkan nilai sangat tinggi, hal ini dapat di simpulkan bahwa peserta didik tersebut berkembang dalam berbahasa Indonesia dengan sangat baik yang dilihat dari 3 indikator. Dari 3 indikator tersebut peserta didik yang memiliki sekor sangat tinggi (81%-100%) berjumlah 12 peserta didik sedangkan peserta didik yang memiliki sekor tinggi (61%-80%) berjumlah 3 peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, N. (2019). Bahasa Indonesia Sebagai Alat Media Komunikasi Sehari-Hari. Universitas Mitra Indonesia, 3.
Alfani, M. H. (2018). Analisis Pengaruh Quality of Work Life (Qwl) Terhadap Kinerja
Dan Kepuasan Kerja Karyawan Pt. Bank Bri Syariah Cabang Pekanbaru. Jurnal
Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 1(1), 1–13.
https://doi.org/10.25299/jtb.2018.vol1(1).2039
Ariana, R. (2016). Analisis Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Di Tk Bruder Melati Kecamatan Pontianak Kota. 1–23.
Brier, J., & Lia Dwi Jayanti. (2020). Hubungan Etnis Cina Dengan Pribumi: (Sebuah
Tinjauan Sosiologis). 21(1), 1–9. http://journal.um surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Khoiriah, A. (2019). Perbedaan Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak Usia Prasekolah Antara Yang Mengikuti dengan Yang Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini di TK-IT Insan Permata Malang. Journal Of Issues In Midwifery, 3(2), 40–47. https://doi.org/10.21776/ub.joim.2019.003.02.4
Maidah, D. (2013). Self Injury Pada Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pelaku Self Injury). Development and Clinical Psychology, 2(1), 6–13.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/dcp/article/view/2088
Muradi, A. (2018). Pemerolehan Bahasa Dalam Perspektif Psikolinguistik Dan Alquran.
Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i2.2245
Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 306–319.
Nurgiansah, T. H. (2018). Pengembangan Kesadaran Hukum BerlaluLlintasSsiswa
Melalui Model Pembelajaran JurisPrudensial Dalam Pendidikan
Kewarganegaraan. Tarsinto.
Oktarizka, D. A., Endelta, I., Lestari, R. E., Safitri, W., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (2018). Mengkaji Hakikat dan Filosofi Bahasa. Repository Unja, 1(1 juli 2018), 1–9.
Pratiwi, nuning. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial, 1, 213–214.
Ratulangi, A. C., Pangemanan, S. E., & ... (2021). Pengelolaan Dana Alokasi Umum (DAU) Di Kelurahan Pandu Kecamatan Bunaken Kota Manado. …, 1(2), 1–11. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/governance/article/view/34719
Sasmi Nelwati; Habib Khalilur Rahman. (2022). Analisis Teori Kogntif Jean Piaget Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 4(1), 13–22.
Sibarani, B. (2013). Bahasa, Etnisitas dan Potensinya Terhadap Konflik Etnis. Bahas Unimed, 39(85), 1–10. http://digilib.unimed.ac.id/998/1/FullText.pdf
Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385
Refbacks
- There are currently no refbacks.