Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah: Kajian Literatur

Diah Purwianti, Missriani M, Siti Rukiyah

Abstract

Kajian ini dilakukan dengan tujuan menggambarkan pola evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah-sekolah. Kajian ini bersifat studi literatur yang dilakukan menggunakan ancangan kualitatif. Sumber data penelitian berupa artikel ilmiah yang terpublikasi di jurnal nasional. Data penelitian berwujud kata-kata yang diperoleh dari sumber data. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik simak-catat. Setelah terkumpul, data dianalisis dengan cara mendeskripsikan data-data yang diperoleh. Berdasarkan kajian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan bagian terintegrasi dalam proses pembelajaran. Proses evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia perlu dilaksanakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar bahasa bagi peserta didik. Melalui hasil evaluasi tersebut, akan diketahui kelebihan dan kelemahan, tingkat daya dukung, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Selain itu, hasil evaluasi tersebut pada akhirnya juga dapat digunakan pendidik dan pihak-pihak berwenang dalam mengambil suatu kebijakan atau pun keputusan terkait dengan arah pembelajaran bahasa Indonesia ke depan. Oleh karena besarnya pengaruh evaluasi dalam proses pembelajaran, maka sudah selayaknya bagi para pendidik untuk melaksanakan setiap tahapan-tahapan evaluasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia secara benar dan maksimal.

Keywords

evaluasi, pembelajaran bahasa Indonesia, sekolah

Full Text:

PDF

References

Alfianika, N. (2022). Analisis Alat Evaluasi Penilaian Keterampilan Menulis PadaPembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 484-493.

Anam, A., & Suyata, P. (2014). Evaluasi Buku Teks Pelajaran Bahasa dan Sastra IndonesiaSMA/SMK Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 2(1), 12-23.

Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyana. (2019). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. In Prosiding SeminarNasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019. Universitas Bengkulu.

Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan Penting Evaluasi PembelajaranBahasa Di Sekolah Dasar. Jurnal Belaindika, 1(1), 1-9.

Harjono, N. (2012). Evaluasi Pembelajaran Siswa Aktif Mata Pelajaran Bahasa IndonesiaKelas 5 Sekolah Dasar. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 17-28.

Lorenzen, M. (2003). Active Learning and Library Instruction. http://www. Libraryreference.org/ activebi.html.

Noermanzah, N. (2015). Peran Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia dalam MempertahankaBahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Era Globalisasi. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, p. 274. http://repository.unib.ac.id/11133/

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Paulson, D. R., & Faust, J. L., (2002). Active Learning for the College Classroom,http://chemistry. calstatela.edu/chem&bioChem/Active/main.htm.

Rohmah, I. N., & Lestari, W. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara DaringMateri Menulis Puisi Kelas Iv Sd Negeri 3 Baturagung. Pendas: Jurnal IlmiahPendidikan Dasar, 6(1), 29-42.

Sriasini, Desak Md. 2012. Studi Evaluasi Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Indonesia padaSMA Negeri 1 Amlapura di Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2010/2011.Jurnal Administrasi Pendidikan, 5(1).

Subekti., Markhamah., & Nasucha, Y. (2014). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia PadaKelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.Jurnal Penelitian Humaniora, 15(1), 24-37.

Supriyadi. (2013). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Gorontalo: UNG PressGorontalo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.