Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Warkop Brewok di Desa Kenayan Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Tahun 2023

Risma Puspitasari, Tutut Suryaningsih

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bauran pemasaran yang digunakan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan karena pesatnya perkembangan dunia usaha membuat para pemilik usaha untuk mempertahankan usahanya. Pemilik usaha didorong lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun strategi pemasarannya, dalam menyusun strategi pemasaran dapat dilihat dari bauran pemasaran. Warkop Brewok sudah menggunakan strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan kepuasan pelanggan Warkop Brewok. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 4 bauran pemasaran yang digunakan sebagai strategi meningkatkan kepuasan pelanggan sudaho dilakukan dengan baik, tetapi terdapat aspek yang belum digunakan secara maksimal seperti dari segi tempat kurang mengadakan event seperti live music, dari segi promosi yaitu menambah promosi di media sosial yang saat ini sedang ramai dikalangan anak muda dan orang dewasa yaitu sosial media TikTok.

Keywords

Bauran Pemasaran, Kepuasan Pelanggan, Kedai Kopi, Warkop Brewok

Full Text:

PDF

References

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.

Butarbutar, B. (2019). Peranan Etika Bisnis dalam Bisnis. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 8(5), 55. https://doi.org/10.31933/JIMT

Daud, A., & Yusri, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan penjualan Dodol. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 35–42. Retrieved from https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya

Gultom, R., & Tobing, C. L. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Perusahaan Ajb Bumiputera 1912, Cabang Medan. Jurnal Ekonomi Saintek, 7, 44–52. Retrieved from http://ejournal.lmiimedan.net/index.php/je/article/view/109

Marwati, M. (2021). Analisis Dampak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi pada Sentra Industri Kecil Roti Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo). Journal of Public Power, 5(1), 48–59. Retrieved from http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7070

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks: Sage Publications.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Novebri, & Fadhilah, N. (2021). Analisis Bauran Pemasaran Kopi Mandailing (Studi Kasus pada Coffe Shop Lopo Mandheling Cafe, Panyabungan). Jurnal Ahli Muda Indonesia, 57(1), 11–20. https://doi.org/https://doi.org/10.46510/jami.v2i1.58

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tihurua, L. S. (2022). Penerapan Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Jazz Coffee Malang. Skripsi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.