Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Daya Saing Usaha (UKM) Kuliner di Kota Tarakan
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi daya saing usaha kecil, dan menengah (UKM) pada sektor kuliner di Kota Tarakan. Peran UKM dalam industri kuliner sangat vital dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, meskipun mereka sering menghadapi tantangan dalam menjaga daya saing mereka di pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran, yaitu kombinasi antara analisis kuantitatif dan kualitatif, untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi daya saing UKM kuliner di kota ini. Hasil penelitian ini dengan jelas mengungkapkan faktor-faktor kunci yang memiliki dampak signifikan pada daya saing usaha kecil, dan menengah (UKM) dalam sektor kuliner. Tiga unsur utama yang muncul sebagai penentu utama adalah Daya Saing (UKM), Sumber Daya Manusia (SDM), Modal, dan Dukungan Pemerintah. Temuan dari penelitian ini memiliki implikasi penting dalam upaya untuk membuktikan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM), Modal, dan Dukungan Pemerintah memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap Daya Saing Usaha pada sektor kuliner dikota tarakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Y., Pratikto, H., Churiyah, M., & Dharma, B. A. (2019). Pentingnya Penyuluhan Sertifikasi Jaminan Produk Halal Untuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal Graha Pengabdian, 1(2).
AB, N. (2022). Pengaruh Attraction, Amenites, Accessibilities, Infrastructure Terhadap Kepuasan Pengunjung ke Tempat Wisata Taman Oval Markoni. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(2). https://doi.org/10.24239/jiebi.v4i2.102.133-141
Anisa, L. N. (2022). URGENSI LITERASI SERTIFIKASI HALAL BAGI USAHA KECIL MENENGAH (UKM) di KABUPATEN NGAWI Lina Nur Anisa. INVESTAMA, 8.
Desa, P., Merah, T., Ab, N., Juliana, A., Apriadi, D., & Junaid, M. T. (2022). Edukasi pendampingan usaha dan pengolahan hasil perikanan desa tana merah. 1(1), 14–18.
Elfahmi, S. H., & Jatmika, D. (2019). PENGARUH INOVASI TERHADAP UKM NAIK KELAS MELALUI DAYA SAING PRODUK. Media Mahardhika, 17(3). https://doi.org/10.29062/mahardika.v17i3.106
Ellyta Lufihasna Wakhanda. (2017). Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan di Era Global. Kompaiana.
Faizal, M. (2014). Pengembangan Kemandirian Pelaku Usaha Mikro dan Kecil dalam Implementasi Tanggungawab Sosial Perusahaan di Kabupaten Bogor Jawa Barat. In IPB University (Vol. 2014, Issue Agustus).
Farida, I., Sunandar, & Aryanto. (2019). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kinerja UMKM di Kota Tegal. Jurnal Monex, 8(2).
Ferine, K. F., Zaki, A., Cahyaningrum, A. O., Papilaya, F., & Fkun, E. (2023). Peningkatan Daya Saing UMKM melalui Social Capital. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(02). https://doi.org/10.58812/jmws.v2i02.230
Harini, S., Pertiwi, S. R., & Rochman, N. (2015). Peningkatan Kualitas SDM Melalui Pelatihan dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Pendapatan. Media Pengabdian Kepada Masyarakat Quardhul Hasan, 1(1).
Lukmandono. (2015). Analisis SWOT untuk Menentukan Keunggulan Strategi Bersaing di
Marliyah. (2016). Strategi Pembiayaan Mudharabah Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM): Studi Kasus Perbankan Syariah di Sumatera Utara. Disertasi.
Mundung, B. I., & Mawitjere, P. S. (2022). Pengaruh Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Budaya Kualitas Dan Daya Saing Sebagai Mediasi (Studi Pada UMKM Di Tondano Kab. Minahasa). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(4).
Nasni, M. M., Hadiguna, R. A., & Taib, G. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RANTAI PASOK DALAM PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK KOPI DI KOTA PADANG. JURNAL TEKNOLOGI PERTANIAN, 10(2). https://doi.org/10.32520/jtp.v10i2.1614
Putri, K. D. K., Darmawan, D. P., & Arisena, G. M. K. (2021). KONTRIBUSI SEKTOR PERIKANAN TERHADAP PEREKONOMIAN PROVINSI BALI. Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 11(1). https://doi.org/10.15578/jksekp.v11i1.9741
Putri, S. V., Soemaryani, I., & Zusnita, W. O. (2023). Pengaruh Kompetensi Digital dan Kemitraan Terhadap Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kuliner di Kota Bandung. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(4). https://doi.org/10.35931/aq.v17i4.2481
Rusdiana, S., & Soeharsono, S. (2019). Upaya Pencapaian Daya Saing Usaha Sapi Perah Melalui Kebijakan Pemerintah dan Peningkatan Pendapatan Peternak. Agriekonomika, 8(1). https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v8i1.5111
Somadi. (2017). Strategi Peningkatan Daya Saing Industri Kecil dan Menengah (IKM) Gula Aren di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis.
Sukoco, I., Fordian, D., Fauzan, F., & Kurniawati, L. (2021). PENYULUHAN MAKANAN, BISNIS KULINER, DAN SERTIFIKASI HALAL BAGI PELAKU UKM KABUPATEN PANGANDARAN. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.32467
Susanti, N. irma, & Winarna, W. W. (2020). ANALISA DAYA SAING PRODUK OLAHAN BUAH NAGA ORGANIK PADA KAWASAN WISATA ORGANIK BEJI WONOGIRI. Jurnal Edueco, 3(1). https://doi.org/10.36277/edueco.v3i1.46
Susanto, O. A., & Sukarno, G. (2021). Analisis Kompetensi Entrepreneurial, Strategi Kewirausahaan dan Modal Sosial terhadap Kinerja Usaha pada UMKM Mebel di Kota Surabaya. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(3). https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i3.713
Takhim, M., & Meftahudin, M. (2018). Analisis Pengaruh Modal Usaha, Kreatifitas dan Daya Saing Terhadap Pengembangan UMKM (Studi Kasus pada Bengkel Las di Kabupaten Wonosobo). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 1(1). https://doi.org/10.32500/jematech.v1i1.213
Tazki, T. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Keripik Buah di Kota Malang. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2).
Wahyuni, R., & Irfani, H. (2017). Pengaruh Relationship Marketing, Kepuasan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Sederhana Masakan Padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, 6(2).
Yasir, J. R., Ilham, I., & Padli, K. (2022). Pengaruh Modal, Digitalisasi Informasi dan Kreativitas terhadap Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah di Pelabuhan Tanjung Ringgit Kota Palopo. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 4(1). https://doi.org/10.24256/kharaj.v4i1.2846
Yuningsih, E., & Yulianingsih. (2022). Implementasi Inovasi dan Pemasaran Hijau Dalam Meningkatkan Daya Saing UKM. Inovator: Jurnal Manajemen, 11(3).
Zuliyati. (2013). Implementasi Pengelolaan Modal Intelektual (Intellectual Capital) Untuk Menciptakan Daya Saing UMKM. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 10(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.