Pemanfaatan Smart Apps Creator (SAC) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi: RUBIK (Rumah Bahasa Indonesia Kita)

Nadilah Zahrani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi dan agar mampu memberikan inovasi baru kepada masyarakat dalam menciptakan aplikasi RUBIK dalam pembelajaran khususnya mata pelaran Bahasa Indonesia. Metode pada penelitian ini Menggunakan metode kuantitatif yang berupa pengadaan kuisioner yang dilakukan peneliti dalam rangka mengetahui penilaian responden terhadap aplikasi RUBIK dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adaah menunjukkan bahwa aplikasi RUBIK memiliki kebermaknaan dalam pembelajaran dan aplikasi ini dinilai oleh responden cukup menarik, efisien dan efektim jika diterapkan dalam proses belajar. Hanya saja kekurangan dalam penelitian ini yiatu pembelajaran yang bersifat satu arah saja. Selain itu aplikasi ini juga memiliki kendala seperti tipe smartphone yang tidak mendukung untuk menginstall aplikasi RUBIK. Serta memori yang penuh pada hp responden menghambat proses pembelajaran Menggunakan aplikasi RUBIK ini. 

Keywords

Media Pembelajaran, Smart Apps Creator, Aplikasi, Android

Full Text:

PDF

References

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Efendi, Riza Bahtiar Bayu Pambudi, Nur Ngazizah. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Tema Kegiatankiu. Purworejo: Universitas Muhammadiyah.

Sadiman, Arif. 2005. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setyadi D. dan Abd. Qohar, Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Kreano; Volume 8, No. 1.

Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung:CV Alfabeta.

Sukiman, 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Pendagogia. SlemanYogyakarta: Pustaka Intan Madani.

Sutejo, Yogi Ersan Fadrial. 2021. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator Di SMK Negeri 2 Pinggir. Jurnal: J-COSCIS Vol. 1 No. 2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.