Dampak Negatif Pembelajaran Online dan Sosial Emosional Siswa di Era Digital

Jaya Nainggolan

Abstract

Sistem pembelajaran online merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan secara online yang menggunakan jaringan internet. Sistem pembelajaran ini berbasis teknologi yang menggunakan aplikasi layanan berupa media online yang memang dirancang dan dibuat untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran di dunia. Kegiatan pembelajaran online menuntut siswa untuk memiliki sosial emosional yang stabil. Namun jika semua kegiatan hanya dilakukan dirumah saja, juga akan bisa berdampak menimbulkan Psikosomatis, yaitu gangguan fisik yang disebabkan oleh faktor kejiwaan yang dapat menimbulkan guncangan dalam diri seseorang, misal :  depresi, kecemasan, stress, lingkungan sosial yang banyak mempengaruhi pikiran negatif. Hal ini tentu berdampak tidak hanya dalam bidang pendidikan namun juga kecerdasan sosial dan perilaku siswa. Selain itu, siswa menjadi tidak kooperatif karena tidak dapat bersosialisasi dengan teman-temannya. Tujuan peneliti untuk mengetahui dampak pembelajaran daring terhadap perilaku sosial emosional anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Studi literatur ialah cara untuk menyelesaikan persoalan dengan menelusuri sumber-sumber tulisan yang pernah dibuat sebelumnya. Hasil analisis menunjukkan pembelajaran online lebih mengarah pada sisi negatif. Dalam bidang pendidikan selama proses pembelajaran online siswa tidak fokus untuk belajar, bermain gadget dan tugas menumpuk sehingga menghambat sosial emosional siswa yang berdampak negatif.

Keywords

pembelajaran online; sosial emosional siswa; era digital

Full Text:

PDF

References

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 04(1), 181–190.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Fantuzzo, J., Coolahan, K., Mendez, J., McDermott, P., & Sutton- Smith, B. (1998). Contextually relevant validation of peer play constructs with African American Head Start children: Penn interactive peer play scale. Early Childhood Research Quar- terly, 13(3), 411– 431.

Karmen, Roseline F., & Pribadi, F. (2022). Dampak Positif Negatif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca pandemic Covid 19. Buletin Hukum & Keadilan. Adalah. Vol 6 No 3. (2022)

McDonald, L. C., Gerding, D. N., Johnson, S., Bakken, J. S., Carroll, K. C., Coffin, S. E., Dubberke, E. R., Garey, K. W., Gould, C. V., Kelly, C., Loo, V., Shaklee Sammons, J., Sandora, T. J., & Wilcox, M. H. (2018). Clinical Practice Guidelines for Clostridium difficile Infection in Adults and Children: 2017 Update by the Infectious Diseases Society of America (IDSA) and Society for Healthcare Epidemiology of America (SHEA). Clinical Infectious Diseases, 66(7), e1–e48.https://doi.org/10.1093/cid/cix1085

Meda Yuliani, Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., Irawan, E., Ardiana, D. P. Y., Muttaqin, M., & Yuniwati, I. (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan : Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.

Munir. (2019). Pembelajaran Digital. Bandung : Alfabeta

Riyana, Cepi. 2018. Learning Object Material. [Online]. Diakses dari : http://newpembelajar.blogspot.co.id/2018/01/materi-lom- pjj.html. (Maret 2023)

Save the Children (2020). Protect a generation. The impact of COVID- 19 on children’ s lives. Retrieved December 21, 2020, from https:// www.savethechildren.org.au/getmedia/ c3cf8443-37bc-4420-b53b- de6800d4dbaa/ProtectAGeneration_1 189391475.pdf.aspx.

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal FATEKSA: Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2 (1).

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Wiguna, R., Sutisnawati, A., & Lyesmaya, D. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Siswa Berbasis Onine di Kelas Rendah Pada Masa Pandemic conid-19. Jurnal Perseda, III(2), 75–79

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian perkembangan nak usia dini di taman kanak-kanak selama pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i 1.626.

http://labschoolfipumj.sch.id/konsep-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid-19/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.