Pengaruh Kosakata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia

Henilia H

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan berbicara bahasa Indonesia peserta dididk di SDN 40 Medan. Penelitian ini melibatkan dua variabel yakni variabel bebas adalah pengguasaan kosakata sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berbicara peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitantif. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 40 Medan, dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Selanjutnya, instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi. Lembar tes digunakan untuk penguasaan kosakata peserta didik dan lembar observasi untuk mengetahui kemampuan berbicara peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat diketahui penguasaan kosakata bahasa Indonesia peserta didik SDN 40 Medan berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 23,3 kemampuan berbicara peserta didik di SDN 40 Medan berada pada kategori rendah, dengan nilai rata-rata 8,660, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara keduanya. Ini dapat dilihat pada tabel korelasi dimana ada pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan berbicara bahasa Indonesia peserta didik di SDN 40 Medan sebesar 0,167 dengan tingkat signifikansi 1,000, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima.

Keywords

Kosakata, Kemampuan Berbicara, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References

Asmani, Jamal Makmur. Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Cet. I; Jogjakarta: Diva Press 2011.

Azwar, Saifuddin Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Chaer, Abdul. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000.

Daen, Nurjamal. Keterampilan Berbahasa. Bandung: Alfabeta, 2014

Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Cet. IV; Jakarta: Balai Pustaka, 2007)

Pranowo, Hadi. Hubungan Penguasaan Kosakata dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009. Tesis Surakarta: Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret, 2009.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2009.

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Cet. XXVI; Bandung: Alfabet, 2005.

Tarigan, Henry Guntur. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2011.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.