Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Outsourcing PT. Mitra Garda Sarana
Abstract
PT. Mitra Garda Sarana Jakarta adalah perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang layanan jasa tenaga kerja yang berdiri sejak tahun 2016. Ruang lingkup pekerjaan perusahaan ini adalah: security service, west management, office service, gardener dan engineering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan jasa outsourcing PT. Mitra Garda Sarana. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 37 responden yang merupakan Divisi Vendor Management dan Procurement. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yang merupakan bagian dari non-probabilit sampling. Uji validitas instrumen dengan menggunakan product moment pearson sedangkan uji reliabilitas dengan cronbanch Alpha dengan bantuan SPSS 25. 0. Hasil penelitian membuktikan bahwa : (1) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai 5.941 dan nilai sig 0.000. (2) Harga berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai 2.802 and sig = 0.008. (3) Kualitas Pelayanan dan Harga secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai rsquare 0,740. Ini artinya, kualitas pelayanan dan harga 74% dan sisanya 26% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Gofur. (2019). 1. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Pusat Penerbitan dan Percetakan UNAIR (AUP).
Arianto, N. (2022). Manajemen Pemasaran. Cipta Media Nusantara (CMN). Aziz, H. A. M., Haidar, K., & Rahayu, V. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Generasi Knalpot. Penelitian
Ilmu Manajemen, 2(2), 2614–3747. https://bmspeed7.com Bintang. (2022). Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.
Budi Darma. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). In Guepedia (p. 7).
Candrianto. (2021). Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. CV. Literasi Nusantara Abadi.
Darmawan, D., & Sutrisno, R. I. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan, Diversifikasi Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen, Bisnis, Dan Kewirausahaan, 2(1), 1–12.
Dewi, K. I. L., Yulianthini, N. N., & Telagawathi, N. L. W. S. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Bpjs Kesehatan Di Kota Singaraja. Manajemen, 5(2), 82–92.
Firdaus, R., Margiutomo, S. A. S., Dulame, I. M., Hastuti, D., Yulhendri, & Yendri,
O. (2023). Tren Bisnis Digital (Optimasi & Optimalisasi Usaha Berbasis Digitalisasi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hadyarti, V., & Kurniawan, M. Z. (2022). Eco-Entrepreneur. Eco-Entrepreneur, 8(2), 47–59.
Hermawan, A., & Husna, L. Y. (2017). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif.
Kencana.
Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. In Unitomo Press (p. 61). Irfan, A. M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Yang
Diberikan Kenari Waterpark Bontang Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan.
Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 82. https://doi.org/10.32507/ajei.v9i2.451
Ketut Witara. (2018). Cara Singkat Memahami Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 (p. 173). CV. Jejak.
Masengi, E. (2018). Pengantar Manajemen Pelayanan Publik (p. 179). Yayasan Kita Menulis.
Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. Agora, 7(2), 1–5.
Palelu, D. R. G., Tumbuan, W. J. F. T., & Jorie, R. J. (2022). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kamsia Boba Di Kota Lawang. Emba, 10(1), 68–77.
Pertiwi, D. (2021). Pemasaran Jasa Pariwisata. In Deepublish (p. 70). CV BUDI UTAMA.
Pinzon, R. T., & Retno, D. W. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan (pp. 1–103).
Rizmedia Pustaka Indonesia.
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books. Putri, N. D. P. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. (2021). Pengaruh
Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1), 1267–1283. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226
Rahman, T. (2021). Pelayanan Prima.Pdf. In Etika Perkantoran (p. 21). Rohman, F. (2022). Pemasaran Jasa Perspektif UKM. UB Press.
Rusmawati, Y., Azizah, L. N., & Najiah, E. F. (2021). Total Quality Management.pdf. CV. MEDIA SAINS INDONESIA.
Santa, A., Yogyakarta, M., & Tegalrejo, J. B. (2021). Program Studi Manajemen Ketua Program Studi ,. 0274, 585841.
Saputra, S., & Yulistianis, S. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Grand Setiabudi Hotel& Apartment. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 9(2), 21–31.
Sari, R. J., & Aprianti, I. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Loyalitas Nasabah. JEMPER (Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan), 2(2), 77. https://doi.org/10.32897/jemper.v2i2.377
Subando, J. (2020). Teknik Analisis Data Kuantitatif (Issue 8.5.2017, pp. 2003– 2005). Lakeisha.
Refbacks
- There are currently no refbacks.