Efektifitas Manajemen Wakaf Uang Terhadap Investasi Mudharabah di BMT Bina Umat Mandiri Kota Tegal

Nurul Fitri Habibah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektifitas Manajemen wakaf uang  melalui investasi mudharabah di BMT BUM Kota Tegal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan secara field reseach (lapangan) yaitu dilakukan dengan menggali data yang bersumber dari lokasi atau lapangan penelitian, dalam penelitian ini bersumber dari BMT Bina Umat Mandiri Tegal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana yaitu mengukur hubungan fungsional ataupun kausal variabel efektifitas pengelolaan wakaf uang dengan variabel investasi mudharabah. Hasil dari anlisis regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen wakaf uang dengan investasi mudharabah. Dengan nilai sig.0.000 < 0.05 yang artinya bahwa variabel  manajemen wakaf uang (X) berpengaruh terhadap variabel investasi mudharabah (Y).

Keywords

wakaf uang, investasi dan mudharabah

Full Text:

PDF

References

Achmad Djunaidi dan Thobieb Al-Asyhar. 2013. Menuju Era Wakaf Produktif.

Jakarta: Mitra Abadi Press.

Amalia, Rachmi Cahya. 2020 Investasi Mudharabah Sebagai Optimalisasi Pengelolaan Wakaf Uang. Journal of Islamic Economics and Finance Vol.1 No. 1.

BWI. Undang-undang No. 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf. www.bwi.go.id/3629/2007/07/17/undang-undang-no-41-tahun 2004- tentang-wakaf. Di akses pada 13 April 2022. Pukul 21.51

Kamal, Mustopa. 2021. Pengelolaan Wakaf Uang di Indonesia. Istinbath. Volume 16. No. 2.

Munfarikah, Abidah. 2018. Manajemen Investasi Wakaf Uang (Studi Kasus Pada Bmt Bum Tegal). Skripsi : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Nafis, M. Cholil. 2013. Wakaf Pilar Peradaban. Jakarta : Mitra Abadi Press.

Rianto, Al Arif Nur. 2012. Lembaga Keuangan Syariah suatu kajian teoritis praktis. Bandung : CV Pustaka Setia.

Shofi, Muhammad. 2016. Analisis Praktik dan Manajemen Pengelolaan Wakaf Uang menurut Undang-Undang No. 41 Tahun 2004 tentang Wakaf. Jurnal Syarikah. Vol. 2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.