Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menganalisis Makna Puisi Dengan Menggunakan Pendekatan Struktural

Erikawati Gurning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri I Percut Sei Tuan dalam memahami puisi dengan pendekatan struktural. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan sebanyak lima kali pertemuan dengan dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa dari 31 siswa, hanya ada 8 peserta didik yang mendapat nilai ≥ 8.0 (26 %) atau 23 orang yang mendapat nilai <8.0 sedangkan nilai rata-rata kelas adalah 7,30. Pada tes akhir siklus II dari 31 peserta didik, yang mendapat nilai ≥ 8.0 berjumlah 27 orang atau sekitar 87% dari jumlah seluruhnya. Terdapat perubahan atau peningkatan kemampuan peserta didik dalam menganalisis makna puisi dengan menggunakan pendekatan struktural.

Keywords

kemampuan, puisi, pendekatan struktural.

Full Text:

PDF

References

Pradopo, Rachmat D. 2014. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahayu, Imaniah Kusuma dan Maria Rosalinda Talan. (2020). Integrasi Keunggulan Lokal NTT dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Sasando: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 3 (2), 1-12.

Situmorang, B.P. 1980. Puisi dan Metodologi Pengajarannya. Ende-Flores: Nusa Indah.

Waluyo, H. J. 1991. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wirawan, Gunta. (2016). Analisis Struktural Antologi Puisi Hujan Lolos di Sela Jari Karya Yudhiswara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.