Evaluasi dan Rekomendasi Usability Pada Fitur Pemesanan Bike di Aplikasi Mobile Maxim Dengan Metode Usability Testing dan Use Questionnaire
Abstract
Usability merupakan aspek penting dalam sebuah aplikasi yang dapat menentukan seberapa mudah pengguna menggunakan antarmuka suatu aplikasi. Tingkat usability sebuah aplikasi dapat menjadi tolak ukur seberapa bermanfaatnya aplikasi bagi pengguna. Oleh karena itu, perlu dilakukan sebuah evaluasi usability secara berkala untuk mengukur seberapa baik pengguna dapat belajar dan menggunakan sistem, juga seberapa puas pengguna dengan aplikasi. Pada penelitian ini, aplikasi yang akan dianalisis adalah aplikasi mobile Maxim menggunakan metode usability testing. Pengujian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap usability testing, wawancara, dan pengisian kuesioner. Adapun kuesioner dalam penelitian ini menggunakan USE Questionnaire yang memiliki empat parameter, yakni usefulness, ease of use, ease of learning dan satisfaction. Pengujian ini akan dilakukan dua kali. Pengujian pertama dilakukan untuk menganalisis tingkat usability serta mengetahui nilai usability aplikasi mobile Maxim sebelum diberikan rekomendasi perbaikan. Selanjutnya pengujian kedua dilakukan untuk menganalisis tingkat usability serta mengetahui nilai usability aplikasi mobile Maxim setelah diberikan rekomendasi perbaikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan nilai usability pada aplikasi mobile Maxim sebesar 33,72%, dari sebelum diberikan rekomendasi perbaikan sebesar 53,45% yang termasuk ke dalam kategori cukup, menjadi 87,17% yang termasuk ke dalam kategori sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, M., Tri, S., Nusantara -Makassar, D., & Rahman, A. (2020). ANALISIS DAMPAK TRANSPORTASI ONLINE TERHADAP TRANSPORTASI KONVENSIONAL (BENTOR) DI KOTA MAKASSAR (Vol. 5, Issue 1). https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/miraipg.313
APJII. (2023). Profil Internet Indonesia 2022.
Guritno, S., Sudaryono, & Raharja, U. (2011). Theory and apllication of IT research: Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. Penerbit ANDI.
Hadi, K. R., Muslimah Az-Zahra, H., & Fanani, L. (2018). Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire (Vol. 2, Issue 9). http://j-ptiik.ub.ac.id
Hudaifa, D., Aknuranda, I., & Brata, K. C. (2019). Evaluasi dan Perbaikan Aplikasi Mobile Malang Menyapa Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire (Vol. 3, Issue 5). http://j-ptiik.ub.ac.id
Indonesia Internet Provider Association. (2020). Apjii. In Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (Vol. 74, p. 1). https://apjii.or.id/content/read/104/503/BULETIN-APJII-EDISI-74---November-2020
ISO 9241-210. (2010). Ergonomics of human-system interaction-Part 210: Human-centred design for interactive systems (ISO 9241-210:2010).
Loranger, H & Nielsen, J., 2013. Teenage Usability: Designing Teen- Targeted [online]. Tersedia di [Diakses 24 Maret 2023]
Lund, A. M., 2001. Measuring Usability with the USE Questionnaire. Usability Interface, 8(2), 3-6
Macefield, Ritch. (2009). How to Specify the Participant Group Size for Usability Studies: A Practitioner’s Guide. Journal of Usability Studies, Vol. 5, No. 1.
Nielsen, J. (2001). Success Rate : The Simplest Usability Metric. [online]. Tersedia di [Diakses pada 28 Maret 2023]
Nielsen, J. (2012). Usability 101: Introduction to Usability. [online]. Tersedia di [Diakses pada 14 Maret 2023]
Ningrum, S. W., Akrunanda, I., & Perdanakusuma, A. R. (2019). Evaluasi dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Ojesy Menggunakan Metode Usability Testing dan Use Questionnaire (Vol. 3, Issue 5). http://j-ptiik.ub.ac.id
Prehanto, A., Aprilia, G. C., Guntara, R. G., Indradi, H. P., & Kova, S. (2023). The Application of Android-Based Business English Learning Module (pp. 183–194). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-060-2_19
Purnamasari, S. A., Heryana, N., & Prihandani, K. (2021). Perbandingan Penggunaan System Usability Scale dan Usefull, Satisfaction and Ease of Use Questionnaire pada Usability Testing. Jurnal Ilmiah Informatika, 6(1), 59–69. https://doi.org/10.35316/jimi.v6i1.1236
Riyadi, N. R. (2019). Pengujian Usability untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile MyUMM Students. Jurnal SISTEMASI, 8, 226–232.
Romansyah, J. R. (2022). Rancang Ulang Desain UI/UX Aplikasi Sampurasun Menggunakan Metode User Centered Design. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Siagian, C. V., Kartika Dewi, R., & Al Huda, F. (2022). Perancangan User Experience Aplikasi Online Market berbasis Mobile di Masa Pandemi menggunakan Metode Design Thinking (Vol. 6, Issue 3). http://j-ptiik.ub.ac.id
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Dan R&D. ALFABETA.
Refbacks
- There are currently no refbacks.