Strategi Model Small Grup Discussion Terhadap Pertumbuhan Wawasan Global dan Partisipasi Belajar Siswa
Abstract
Pembelajaran Small Grup Discussion adalah pembelajaran yang melibatkan kelompok, dimana dalam pengelompokannya menggunakan pola kelompok asal dan kelompok ahli.Kelompok asal adalah kelompok yang telah dibentuk oleh guru pada awal pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk Mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, mengevaluasi Strategi Model Small Grup Discussion Terhadap Pertumbuhan wawasan global dan Partisipasi Belajar Siswa. Hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan penelitian penerapan Model Small Grup Discussion dalam meningkatkan Pertumbuhan wawasan global dan Partisipasi Belajar di kelas XII SMK Maqnaul Ulum dilaksanakan menjadi tiga tahap yaitu perencanaan Model Small Grup Discussion, Pelaksana atau proses pembelajaran Model Small Grup Discussion, dan Evaluasi atau penilaian. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) Perencanaan Strategi Model Small Grup Discussion Terhadap Pertumbuhan wawasan global dan Partisipasi Belajar Siswa diwujudkan dalam kegiatan guru dalam perencanaan yaitu dengan mengembangkan aspek keterampilan berpikir kritis dan wawasan global terutama dengan indikator pembentukan masalah, mampu bertanya dan menjawab pertanyaan, memiliki pemikiran kritis dan logis dalam analisis masalah, sehingga dapat mencari informasi yang relevan dan menyimpulkan hasil presentasi. (2) Pelaksanaannnya berupa Terbentuknya sikap kritis siswa dalam pembelajaran, yang paling menonjol dalam aktivitas siswa ketika siswa dapat bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan siswa lain pada saat presentasi, pekerjaannya berkaitan dengan fakta dan logis menurut pemikiran siswa lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin Suyitno,(2007) Pemilihan Model-Model Pembelajaran dan Penerapannya di SMP, (Semarang: FMIPA UNNES,
Arikunto ,Suharsimi, (2015), Manajemen Penelitian,Jakarta, RinekaCipta
Arsyad, Azhar, (2009), Media pembelajaran, Jakarta, PT.Raja Grafindo Persada
Alec Fisher. (2009) Berpikir Kritis. Sebuah Pengantar.Terj. Beyamin Hadinatara. Jakarta:Erlangga
Bogdan, Biklen, 1982 Pengantar studi Penelitian, PT ALFABETA, Bandung,
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP
Moleong, j, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Moh.Uzer Usman dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Usman, Muh. User, Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. (Bahan Kajian PKG, MGBS, MGMP). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Degeng, NyomanS, (2013),Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian, Bandung, Kalam Hidup
Djamarah, Syaiful Bahri, (2000),Prestasi Belajardan Kompetensi Guru, Surabaya, Usaha Nasional
Fadlillah,Muhammad, (2012), Desain Pembelajaran SMP, Jogjakarta, ArRuzzMedia
Hamzah B Uno, 2011.wawasan global dan Pengukurannya. Bandung : Rosdakarya.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamalik, Oemar. 1994. Belajar dan Media Belajar. Bandung: Cipta Aditya Bakti.
Hamalik,Oemar (1994), Media Pendidikan, Bandung, Cipta Aditya Bakti
Huda, Miftahul (2013),Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis, Yogyakarta, PustakaPelajar
Ismail,2008 Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, (Semarang: RaSail Media Group, ),
Mahdan, (2011), Hubungan Antara Minat,Sikapdan Kebiasaan Belajar, Gaya Belajar, Dan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Mataram, Hasil Penelitian Tidak Dipublikasikan, Surabaya, Universitas Negeri Surabaya.
Noor,Juliansyah, (2011), Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah, Jakarta, KENCANA
Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Permendikbud No. 137 Tahun 2014,Standar Nasional Pendidikan. Jakarta
Reigeluth,CharlesM, (1999), Instructional Design Theories and Models, Lawrence Erlbaurn Associates,Inc
Riduwan, (2013), Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung, ALFABE
Trianto,2011, Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya, (Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya. Kencana Prenada Media Group
Refbacks
- There are currently no refbacks.