Efektivitas Manajemen Konflik Dalam Mengatasi Masalah Pada Pt. Pegadaian (Persero) Cabang Tembung (Analisis Manajemen Syariah)

Sy Haura Munawwarah

Abstract

If anyone wants to borrow money at the Tembung Branch Pawnshop, you can borrow enough to bring personal items and hand them over at the appraisal counter. At the valuation desk, officers appraise the goods and receive information about the safety value of the goods. However, this often creates a conflict between the valuation wishes of the Pegada owner and the debtor. The conflict management system implemented by Islamic pawnshops is a personal emotional approach between employees and customers in the form of guidance and confirmation about the rules that apply to Islamic pawnshops.

Keywords

Pawnshop.Personal, Officer

Full Text:

PDF

References

Al-Qawaid Al-Fiqhiyah, Ali Ahmad Al-Nadwi. (1420 H/1998 M) Cet. V. Beirut:Dar alQalam.

Azwar, Saifuddin. 2000. Metode Penelitian. Cet.II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Abdurrahman, Nana Herdiana. 2013. Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan.Bandung: Pustaka Setia.

Buku saku pengenalan produk perum, devisi litbang pemasaran kantor pusat perum pegadaian; oktober 2009.

Draft, Richard L. 2002. Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Dewan Syariah Nasional (DSN) Selalu Menggunakan Kaidah Ini Dalam Keputusan-Keputusannya. Lihat Himpunan Fatwa DSN. 2003. Edisi Kedua.

Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an al-Qarim dan Terjemah Bahasa Indonesia.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta : PT Gramedia.

Griffin, Ricky W. 2004. Manajemen. Jakarta : Erlangga.

Handoko, Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya manusia. Yogyakarta : BPFE.

Hasibuan, H. Malayu S.P. 2007. Manajemen : Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta : Bumi Aksara.

Hoetomo. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Mitra Pelajar.

Ismanto, Kuat. 2009. Manajemen Syariah: Implementasi TQM Dalam Lembaga Keuangan Syariah cet 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Musyawarah M Ahdad. 2013 Efektivitas badan amal zakat (BAZ) Dalam Mengelola Zakat Di Kecamatan Maritengngae kabupaten sidrap, Skripsi. Parepare.

Masyhuri dan Zainuddin. Metode Penelitian (Pendekatan Praktis dan Apikatif). Muhammad. 2005. Manajemen Bank Syari’ah. Yogyakarta: AMP YKPN.

Pedoman. Operasional PT. Pegadaian (Persero) Cabang Polewali Rusdiana. 2015. Manajemen Konflik. Bandung : Pustaka Setia.

Sabardi, Agus. 2001. Manajemen Pengantar. Yogyakarta: Langensari 45 Balapan.

Saefullah Kurniawan, Arni Tisnawati sule. 2006. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana

Siagian MPA, Sondang P. 2005. Fungsi-fungsi Manajerial. Jakarta : BumiAksara. Subagyo, Joko. 2006. Metode Penelitian (Dalam teori praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2002. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabet. Tanjung Hendri, Didin Hafidhuddin. 2003. Manajemen Syariah: Dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Makalah dan Skripsi) EdisiRevisi parepare; STAIN Parepare.

Wirawan. 2010. Konflik Dan Manajemen Konflik; Teori, Aplikasi Dan Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.

Winardi. 2007. Manajemen Konflik, (Konflik Perubahan Dan Pengembangan),Cet. Ke-2, Jilid 2. Bandung: Mandar Maju.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.