RANCANG BANGUN ALAT BANTU JALAN SEBAGAI PENDUKUNG AKTIFITAS PENYANDANG TUNANETRA BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 328

Nur Rachmad Ramadhan, Yuliarman Saragih

Abstract

Hingga saat ini alat bantu jalan bagi penyandang tunanetra masih memiliki kekurangan, sehingga perlu dikembangkan teknologi yang dapat membantu mereka berjalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan walker dengan sensor mobilitas kiri dan kanan serta menguji akurasi, presisi dan tingkat keberhasilan alat tersebut. Proses penelitian dilanjutkan dalam dua tahap, yaitu. pembuatan alat dan alat pengujian. Alat ini terdiri dari sensor ultrasonik HC-SR04, Arduino uno, Arduino nano, motor servo SG90, buzzer dan mini vibration motor. Hasil penelitian rancang bangun alat bantu jalan untuk tunanetra dihasilkan dengan akurasi 99% dan 98%. Alat ini memiliki tingkat keberhasilan sebesar 98%.

Keywords

alat bantu tunanetra, sensor jarak, fasilitas mobilitas.

Full Text:

PDF

References

Dwiatmaja, A. W. (2013). Rancang Bangun Sistem Deteksi Daging Ayam Tiren Berbasis Resistansi dan Mikrokontroler Atmega (Skripsi, UIN Sunan Kalijaga).

Rizqulloh, dkk. (2022). Automatic Sluice Monitoring Based On The Water Ph In a Brackish Water Pool Using a Web Server. Jurnal Elektro Teknik, Vol. 11, No. 1, Hal. 22-29.

Herdiana, B. (2016). Karakteristik Alat Ukur.

Heryanto, M. A., & Suprijono, H. (2011). Aplikasi Gelombang Ultrasound pada Tongkat Putih untuk Peringatan Dini Bagi Penyandang Tuna Netra. JURNAL DIAN, Vol. 11, No. 1.

Perwira, R. W. (2018). Deteksi Jalan Berlubang Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Android (Skripsi, UNM).

Hadikusuma, Ridwan Satrio, and Lela Nurpulaela. "RSSI Analysis on CSS Modulation in the 433 MHz Frequency Band Using Lora in Flood Sensor." TELKA-Jurnal Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi dan Kontrol 8.2 (2022): Hal. 95-102.

Rahmawati, R. (2018). Peningkatan Keterampilan Orientasi dan Mobilitas Melalui Penggunaan Tongkat Bagi Penyandang Tunanetra di SLB PGRI 1 Kedungwaru Tulungagung (Universitas Negeri Malang).

Setiawan, C. (2017). Prototype Alat Bantu Tuna Netra Berupa Tongkat Menggunakan Arduino dan Sensor Ultrasonik. Jurnal J-INTECH, Vol. 11, No. 1, Hal. 82–90.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.