Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pekerja Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) di Tempat Kerja : Sebuah Literature Review

Ajeng Nurika Putri

Abstract

Menurut ILO , setiap tahun ada lebih dari 250 juta kecelakaan ditempat kerja. Penyebab kecelakaan sebanyak 80% dikarenakan kelalaian yang dilakukan oleh pekerja yaitu perilaku tidak aman seperti tidak memakai APD ( Alat Pelindung Diri ). Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi faktor faktor yang mempengaruhi kepatuhan pekerja terhadap pemakaian APD ditempat kerja, yang datanya diperoleh dari beberapa jurnal terkait. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Metode Systematic Literature Review  (SLR) yang dilakukan review dan identifikasi jurnal secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang mempengaruhi kepatuhan pekerja terhadap pemakaian alat pelindung diri yaitu pemahaman terhadap pentingnya pemakaian APD, ketersediaan APD, dukungan dari management perusahaannya dan pengawasan yang dilakukan oleh managementnya.

Keywords

Kepatuhan, Alat Pelindung Diri, Pekerja

Full Text:

PDF

References

Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI. (2015). Modul Pelatihan K3 Umum. Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Kementerian Kesehatan RI. (2017). Pedoman Alat Pelindung Diri (APD) dan Kesehatan Kerja untuk Pencegahan Penyebaran COVID-19 pada Tempat Kerja. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kurniawan, A., & Darmawan, A. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pekerja Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri di Industri Konstruksi. Jurnal Kesehatan dan Keselamatan Kerja, 2(2), 12-20.

Nugraha, A. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pekerja Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri di Industri Farmasi. Jurnal Kesehatan dan Keselamatan Kerja, 2(1), 1-9.

Nurhayati, R., & Kurniawan, A. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pekerja Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri di Industri Logam. Jurnal Kesehatan dan Keselamatan Kerja, 3(2), 1-9.

Nugroho, A. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pekerja Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri di Industri Konstruksi. Jurnal Kesehatan dan Keselamatan Kerja, 3(1), 9-16.

Sari, D. P. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pekerja Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri di Industri Pengolahan Makanan. Jurnal Kesehatan dan Keselamatan Kerja, 4(2), 61-68.

Sari, D. P., & Andriani, Y. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pekerja Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri di Industri Perikanan. Jurnal Kesehatan dan Keselamatan Kerja, 4(1), 1-8.

Saputra, D. A., & Pramono, R. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pekerja Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri di Industri Elektronik. Jurnal Kesehatan dan Keselamatan Kerja, 3(2), 10-18.

Syafruddin, A. F., Fitriani, N., & Novita, R. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pekerja Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri di Industri Pertambangan. Jurnal Kesehatan dan Keselamatan Kerja, 3(1), 17-25.

Wulandari, R. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pekerja Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri di Industri Manufaktur. Jurnal Kesehatan dan Keselamatan Kerja, 2(1), 1-10.

Wulandari, R., & Prasetyo, A. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pekerja Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri di Industri Kimia. Jurnal Kesehatan dan Keselamatan Kerja, 4(1), 9-16.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.