Efektivitas Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Diferensiasi Konten dan Produk

Sonny Rohimat, Dyah Ratna Wulandari, Indah Tri Wardani

Abstract

Implementasi kurikulum merdeka merupakan langkah percepatan pemulihan pembelajaran akibat kondisi pandemi Covid-19 dengan menekankan prinsip pendidikan yang berpihak kepada murid dalam segala aspek proses pembelajaran. Salah satu cara untuk dapat mewujudkan pendidikan yang berpihak kepada murid adalah dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran berdiferensiasi yang telah dilaksanakan pada pembelajaran kimia di SMA Negeri 6 Kota Serang dengan pendekatan diferensiasi konten dan diferensiasi produk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode survei. Survei dilakukan pada bulan Januari 2023 terhadap 127 murid kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran dengan pendekatan diferensiasi konten, persentase responden yang menyatakan puas atau sangat puas adalah 63,0% sedangkan yang menyatakan tidak puas atau sangat tidak puas adalah 4,7%. Adapun pada pembelajaran dengan pendekatan diferensiasi produk, persentase responden yang menyatakan puas atau sangat puas adalah 52,8% sedangkan yang menyatakan tidak puas atau sangat tidak puas adalah 5,5%.

Keywords

Pembelajaran Berdiferensiasi, Diferensiasi Konten, Diferensiasi Produk, Efektivitas Pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Sleman: Aswaja Pressindo.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101. doi:https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i1.2960

Ayundasari, L. (2022). Implementasi Pendekatan Multidimensional dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 16(1), 225-234. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um020v16i12022p225-234

Azhar, K., & Robandi, B. (2022). Objektifikasi dan Subjektifikasi Murid dalam Tiga Pranata Pendidikan: Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Sukma: Jurnal Pendidikan, 6(2), 147-164. doi:https://doi.org/10.32533/06202.2022

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2848-2853. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 11177-11182. doi:https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10212

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250-258.

Fitriana, L. N., Ahid, N., Prasetiyo, G. E., & Daratista, I. (2022). Kebijakan Pokok dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. Journal on Teacher Education, 4(2), 1505-1511. doi:https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10198

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236-243. doi:https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243

Hadi, W., Wuriyani, E. P., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). Desain Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Problem Based Learning (PBL) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa Pada Era Kenormalan Baru Pascapandemi Covid-19. Jurnal Basastra, 11(1), 56-68. doi:https://doi.org/10.24114/bss.v11i1.33852

Hasibuan, A. R., Aufa, A., Khairunnisa, L., Siregar, W. A., & Adha, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7411-7419. doi:https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9513

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI, 1(2), 123-140. Retrieved from http://jurnal.bimaberilmu.com/index.php/jppi/article/view/48

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022, Februari 10). Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Tekonologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta, Indonesia. Retrieved from Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Rohimat, S. (2021). Penggunaan Google Form dalam Penilaian Harian Kimia di SMAN 6 Kota Serang pada Awal Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(1), 1-8. doi:https://doi.org/10.35719/mass.v2i1.55

Rohimat, S. (2022). Pemanfaatan Macromedia Flash untuk Pembelajaran Kimia Secara Daring. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 2(2), 160-171. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpsa/article/view/20429

Rohimat, S. (2023). Tanggapan Peserta Didik Terhadap Model Pembelajaran Daring dan Luring Selama Masa Pemulihan Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 62-66. doi:https://doi.org/10.15294/jipk.v17i1.37542

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Belajar. HARMONY, 7(2), 66-75. doi:https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114

Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80-94. Retrieved from http://jurnal.bimaberilmu.com/index.php/jppi/article/view/39

Tarigan, M., Alvindi, Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 149-159.

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529-535. Retrieved from http://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/301

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 682-689. doi:https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Yanti, N. S., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di SMA Kota Batam. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 203-207. doi:https://doi.org/10.31933/rrj.v4i3.498

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.