Pengaruh Penggunaan Media Strip Story Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Dalam Penguasaan Kosa Kata Pada Peserta Didik Kelas III di MI Tanada Wadungasri Waru Sidoarjo
Abstract
Bahasa internasional yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi dan dipelajari oleh masyarakat di dunia adalah bahasa Inggris. Banyak peserta didik di sekolah dasar kurang berminat dengan pembelajaran bahasa inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media strip story terhadap hasil belajar bahasa inggris pada penguasaan kosa kata di MI TANADA wadungasri Waru Sidoarjo. Pengkajian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan eksperimen. Desain yang digunakan adalah one group pre test post test desain. Subjek penelitian ini adalah kelas III A dan IIIB MI TANADA wadungasri Waru Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media strip story efektif meningkatkan hasil belajar bahasa inggris dalam penguasaan kosa kata peserta ddik kelas III MI TANDA Wadungasri Waru Sidoarjo. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar bahasa inggris dalam penguasaan kosa kata ditunjukkan dengan meningkatnya skor post test. Pada saat sebelum diberikan perlakuan menggunakan media strip story peserta didik melaksanakan pre test dengan hasil 72,00 pada kelas ekperimen, dan 66,66. Setelah diberikan perlakuan dengan media strip story hasil belajar bahasa inggris dalam penguasaan kosa kata pada peserta didik meningkat, pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 85,33 sedangkan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 80,00. Hal tersebut didapatkan dari pencapaian kemampuan peserta didik dalam menjawab pertannyaan pada soal post test. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media strip story ada pengaruh penggunaan media strip story terhadap hasil belajar dalam penguasaan kosa kata pada peserta didik kelas III di MI TANADA Wasungasri Waru Sidoarjo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, Fatmawati. 2015 psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja press indo.
Heni Apriliawati. 2018 The Effectiveness of Using Strip Stories Technique in Teaching Speaking Toward Students at SMAN 1 Rejotangang tulungagung. Hal. 17.
Azhar Arsyad.2005 Media Pembelajaran. Jakarta: raja grafindo persada. Fathur Mujib dan Ainur Rahmawati, metode permainan-permainan edukatif dalam belajar bahasa arab, dalam surat Al- Arabiyyah vol. 7
Wijaya, Kusuma Iriany. 2015. Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. 06/01/2023 https://journal.unj.ac.id
Wakana Juli. 2012. “Penggunaan kosa kata bahasa inggris” 09/02/2023 https://repository.uin-suska.ac.id/9663/1/2012_2012737.pdf
Hartanto. 2015. Statistik Untuk Penelitian. Riau: zafana publishing
Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: rinea cipta
Sugiono.2017. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Neng Puji Isneni Dewi, 2016 Efektifitas Penggunaan Media Strip Story Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Jepang, Universitas pendidikan Indonesia.
Suharsimi Arikunto. 2010.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta
Suharsimi Arikunto. 2013.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:
Rineka Cipta
Adelia Putri, Pengaruh Penerapan media strip story yerhadap hasil belajar Al-Quran Hadist peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Campang Jaya Sukabumi Bandar Lampung
Hartono. 2015.Statistik untuk penelitian.Yogyakarta
Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publications
Refbacks
- There are currently no refbacks.