Analisis Gaya Bahasa dalam Marketing Produk Skincare Somethinc pada Siaran Langsung Shopee

Nadiva Choyrotussa'adah Mirza Sonata, Guylyn Chevanya Gunawan, Adelia Siti Azzahra, Maylsarizky Anindya Hassya, Eni Nurhayati

Abstract

Penelitian yang berjudul Analisis Gaya Bahasa dalam Marketing Produk Skincare Somethinc pada Siaran Langsung Shopee. Penelitian bertujuan untuk menganalisis gaya bahasa yang dipakai oleh penyiar atau pengelola selama promosi produk Somethinc di siaran langsung lewat platform e-commerce Shopee. Somethinc adalah merk kecantikan yang populer di kalangan gen Z dan termasuk dalam daftar produk kecantikan terlaris di berbagai platform media digital, termasuk Shopee. Dengan memanfaatkan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini meneliti cara penyiar menerapkan bahasa persuasif guna menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan. Data dikumpulkan melalui pengamatan siaran langsung serta komentar dari audiens di Shopee. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penyiar memakai bahasa yang santai dan akrab, termasuk menyapa audiens dengan istilah informal. Penyiar juga menawarkan promosi menarik, seperti diskon khusus untuk mendorong audiens agar segera melakukan pembelian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan gaya bahasa yang sesuai dalam siaran langsung dapat meningkatkan minat beli konsumen dan mendukung keberhasilan pemasaran di platform Shopee.

Keywords

Shopee; gaya bahasa; skincare

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Virza Ananda Abrar, Athalla Ahmad Dias Wahyudi , Salsalina Aprilia Br Ginting, Nailah Ramadhani Fadiansah, Eni Nurhayati (2024) Analisis Ragam Bahasa Dalam Promosi Produk Skintific Di Shopee.

Cinthya Tania, Vina Benita Laksono (2022). Strategi Pesan Persuasif Di Media Sosial Instagram @Somethincofficial.

Setiawati, Priyo Suswanto & Sri Dewi (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SHOPEE DALAM MEMBANGUN POSITIONING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA.

S. Nurhafizhah, D.Irawan, T. Kurmalasari, A. Wahyusari4, A. Malik, Zaitun (2024) ANALISIS GAYA BAHASA PRODUK KECANTIKAN DI TIKTOK OKTOBER 2023

Laila Fitriani, Zaskia Salsabilla Rachma, Aisyah Dhia Kamila, Eka Putri Pebrianti, Salesa Amilia Fateha, Eni Nurhayati (2023) PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN ONLINE.

Ika Zulianti, Mei Fatmawati, Anggraini Wahyu Ningtyas, Nurvita Sari, Indah Wulandari (2022) Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Pemasaran Dalam Bisnis Tiktok Shop.

Anisa Dimas Tutik, Nur Fitriani, Elen Inderasari (2020) Variasi Dan Fungsi Ragam Bahasa Pada Iklan Dan Slogan Situs Belanja Online Shopee.

Annisya Ayu Azzahra, Azzam Izzuddin, Jihan Rana Hanifah, Muhammad Abdirakha Ilham, Yola Tarisa Br Tarigan, Eni Nurhayat (2024) Kajian Bahasa Dalam Konteks Influencer Marketing: Pengaruh Pemakaian Bahasa Dalam Pemasaran Akun Selebgram @Fadiljaidi.

Siti Mutmainah, Siti Masruroh, Putri Wulandari (2024) Analisis Penggunaan Kalimat Persuasif Dalam Strategi Komunikasi Penjualan Daring Pada Aplikasi Belanja Online Shopee.

Eva Lupitasari, Chris Louis Budiarto, Novem Puri Ramadhani, Desy Nirmala Sari, Dewi Puspa Arum (2024) Strategi Toko Online Pada Platform Shopee Dalam Menarik Minat Konsumen Melalui Penggunaan Kalimat Persuasif.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.