Pengaruh Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MIS YPI Batang Kuis
Abstract
Reading skills are a crucial aspect of the learning process at the elementary level, particularly for second-grade students at MIS YPI Batang Kuis. This study means to break down the impact of glimmer card media on understudies' understanding abilities. The strategy utilized is a quantitative report with a trial approach. Information were gathered through perusing tests directed when the execution of the blaze card media. The outcomes show a huge improvement in understudies' understanding perception and elocution after the utilization of glimmer cards in the educating and learning exercises. In this way, it very well may be reasoned that blaze card media can act as a viable choice to improve the perusing abilities of 2nd grade understudies at MIS YPI Batang Kuis. This exploration is supposed to add to the improvement of more inventive and engaging teaching methods for students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abnisa, AP, dan Zubairi. (2023). Dampak Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Diklat Agama Islam Di MTs Daarus Sa'adah Cipondoh Tangerang. EDUKASIA: Catatan Harian Pelatihan dan Pembelajaran, 4(2), 2183-2198. http://jurnaledukasia.org
Ade, IP (2018). Manual Eksplorasi Uji Coba dan Pemeriksaan Terukur dengan SPSS. Distributor Deeppublish.
Ananda, R., dan Fadhli, M. (2018). Pengukuran Pelatihan. Widya Puspita.
Anisa, AFY, dan Attamimi, N. (2023). Tugas Pendidik dalam Memperluas Minat Belajar Anak-anak dalam Pengalaman Pendidikan Terputus Pasca-Pandemi di RA Labschool IIQ Jakarta Eksekusi Media Kartu Glimmer untuk Lebih Mengembangkan Kapasitas Membaca pada Remaja Usia Dini. Puing Shobiy: Catatan Harian Remaja Sekolah Islam dan Al-Qur'an, 2(2), 116-125.
Arwita Putri, Riris Nurkholidah Rambe, Intan Nuraini, Lilis, Pinta Rojulani Lubis, dan Rahmi Wirdayani. (2023). Berusaha untuk Lebih Mengembangkan Kemampuan Membaca di Kelas Tinggi. Buku Harian Sekolah dan Menulis Bahasa Inggris, 3(2), 51-62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984
As'ad, M. (2012). Perubahan Petunjuk Islam K.H. Hasyim Asy'ari. Tsaqafah, 8(1), 105. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v8i1.18
BK, S. (2022). Memahami tes, pekerjaan tes, dan struktur tes. Buku Harian Elektronik, 2(1), 12-25.
EKAYANTI, Y., dan Syafdaningsih, S. (2023). Melaksanakan ID Bidang Peningkatan Akhlak Pengumpulan Anak B Di TK It Al-Dhaifullah, Kota Betung, Daerah Abab, Rule... 27-44. https://repositori.unsri.ac.id/106058/
Fadilah, A., Nurzakiyah, K.R., Kanya, N.A., Hidayat, S.P., dan Setiaawan, U. (2023). Pemahaman Media, Tujuan, Kemampuan, Keunggulan dan Kegunaan Media Pembelajaran Sulis Putri Hidayat STAI DR. KHEZ Muttaqien Purwakarta. Diary of Understudy Exploration (JSR), 1(2), 01-17.
Fitriani, E., Waspodo, M., dan Gatot, M. (2022). Monograf Media Membaca Kata Terkomputerisasi Streak Card untuk Anak Usia Dini.
Hana, A. (2022). Mengembangkan Lebih Lanjut Kemampuan Membaca pada Anak Muda. Catatan Harian Latihan Bahasa dan Penulisan Indonesia Beserta Pengajarannya, 1(1), 1-7.
Hasibuan, FH (2017). Mengembangkan Lebih Lanjut Kapasitas Persepsi Siswa dan Mentalitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Konstruktivisme (Konsentrasi Semi Uji Coba di Sekolah Dasar). Studi Multidisiplin: Buku Harian Investigasi Islam, 4(2), 45-65. https://doi.org/10.24952/multidisciplinary.v4i2.927
Ifrohati. (2016). Tugas Wali dalam Menumbuhkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini Kelas. 5(2).
Indra Jaya. (2018). Pemanfaatan Wawasan untuk Pelatihan. Distribusi Utama.
Kusumawati, TI (2022). Berbagai Teknik dalam Belajar Bahasa Indonesia. EUNOIA (Buku Harian Sekolah Bahasa Indonesia), 2(2), 138. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i2.2091
Muryanti, D. (2019). Pengaruh Media Kartu Glimmer Terhadap Keterampilan Permulaan Membaca Siswa Kelas I MIN 8 Bandar Lampung. Perguruan Tinggi Islam Negeri Raaden Intan Lampung, 1-23 Juli.
Instruksi, J., Indonesia, S., Studi, P., Kimia, T., Teknik, F., Syiah, U., dan Banda, K. (2017). PENGARUH MEDIA BELAJAR Cerdas TERHADAP. 05(01), 72-80.
Rambe, A.H., Studi, P., Master, P., Ibtidaiyah, M., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., dan Sumatra, N. (2021). Diktat Instruktif Andina Halimsyah Rambe.docx. Artikel Buku Harian, 1-10.
Riyanti, A. (2021). Memahami Kemampuan. Rilis Global Angewandte Chemie, 6(11), 951-952., 175-184. http://dx.doi.org/10.31227/osf.io/mfyhe
Sakdah, MS, dan Anas, N. (2023). Pengaruh Media Cheat Sheet Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas V SDN 104231 Daerah Batang Kuis Toko Rezim Serdang Q.A 2018/2019. EUNOIA (Buku Harian Sekolah Bahasa Indonesia), 3(2), 127. https://doi.org/10.30821/eunoia.v3i2.3027
Shofiyah, N. (2019). Tes Instrumen. Lingkungan Gastronomía Ecuatoriana y Turismo., 1(69), 5-24.
Sitanggang, S.R., Sapri, S., dan Rambe, R.N. (2023). Berusaha untuk Lebih Mengembangkan Kemampuan Membaca Siswa dengan Memanfaatkan Model Membaca dan Organisasi Terkoordinasi yang Bermanfaat. Attadrib: Catatan Harian Pelatihan Instruktur Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 180-188. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.511
Tadris, P., Indonesia, B., Ilmu, F., dan Dan, T. (2022). Program Studi Pengajaran Bahasa Indonesia, Tenaga Tarbiyah dan Pendidik Persiapan, UIN Sumatera Utara. 8(2), 93-100.
Udhiyanasari, KY (2019). Mengingat pedoman yang tertuang dalam Peraturan Nomor 20 Tahun 2003 pasal 5 ayat 1 tentang Sistem Sekolah Umum yang menyatakan bahwa “Setiap penduduk mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu”. Ini juga bulan September. 3(1), 39-50.
Wahab, A., Junaedi, J., dan Azhar, M. (2021). Kecukupan Pembelajaran Wawasan Instruktif Memanfaatkan Tes Peningkatan N-Gain di PGMI. Buku Harian Basicedu, 5(2), 1039-1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Wahyudin Nur Nasution. (2007). Contoh Penyusunan : Pemahaman, Tujuan DAN Sistem Wahyudin Nur Nasution. Ittihad, 1(2), 185-195.
Wulandari, A.P., Salsabila, A.A., Cahyani, K., Nurazizah, T.S., dan Ulfiah, Z. (2023). Signifikansi Media Pembelajaran dalam Pengalaman Mendidik dan Mendidik. Buku Harian Pelatihan, 5(2), 3928-3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yusnaldi, E., dan Presentasi, A. (2017). ISSN 2086-4205. VII(2), 18-34.
Refbacks
- There are currently no refbacks.