Analisis Pengaruh Digital Marketing Dalam Memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Penyandang Disabilitas di Kota Makassar
Abstract
Strategi digital marketing merupakan program pemberdayaan untuk UMKM Penyandang disabilitas berbasis online. Melalui strategi digital marketing diharapkan UMKM Penyandang disabilitas lebih mudah untuk memasarkan produknya, selain itu memberikan pengaruh pada peningkatan perekonomian bagi penyandang disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan menganalisis terkait pengaruh dan strategi digital marketing dalam memberdayakan UMKM Penyandang disabilitas di Kota Makassar. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis pendekatan kualitatif yang dibahas secara deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi digital marketing terbukti mempengaruhi pemberdayaan bagi UMKM Penyandang disabilitas di Kota Makassar, hal ini ditandai dengan semakin meningkatnya pendapatan para UMKM dari hasil pemasaran melalui beberapa platform digital dan marketplace. Kini UMKM Penyandang disabilitas lebih terampil, inovatif dan kreatif dalam mendesain produknya. Namun ada juga beberapa hambatan yang dialami saat strategi digital marketing diterapkan ke UMKM Penyandang disabilitas di kota Makassar yakni masih kurangnya optimalisasi pelayanan digital marketing Inklusif Bagi UMKM Penyandang disabilitas, masih kurangnya kemampuan manajemen digital marketing dan masih kurangnya sarana dan prasarana pendukung seperti Modul atau Materi Pembelajaran Inklusif bagi UMKM Penyandang disabilitas. Untuk saran terkait penelitian ini, Peneliti berharap agar Pemerintah Kota Makassar, para organisasi disabilitas atau pihak berwenang dapat lebih mengoptimalkan dan memaksimalkan pelayanan digital inklusif bagi seluruh UMKM Penyandang Disabilitas. Kegiatan Pelatihan dan penyuluhan digital marketing juga diharapkan lebih fokus pada penerapan teknik manajemen input data dan pengelolaan data produk digital marketing. Penyediaan sarana dan prasarana pendukung seperti materi pembelajaran digital Inklusif juga sangat penting bagi para penyandang disabilitas. Selain itu Masyarakat dan para kelompok non-disabilitas dapat meningkatkan semangat pelayanan inklusif dan aksesibilitas kebutuhan bagi para penyandang disabilitas dalam berwirausaha.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnan Mahdi, Mujahidin. 2014. Panduan Penelitian Praktis untuk Menyusun. Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Anggito Albi dan Johan Setiawan, 2018, Metodologi Penelitian Kualitatif.
Sukabumi: CV Jejak.
Arsad Bahri,dkk, kajian pemberdayaan umkm kota makassar sebagai upaya peningkatan kesejahteraan pelaku usaha, Jurnal Inovasi dan Pelayanan Publik Makassar Volume 1, Nomor 1, Januari – Juni 2019.
Ashar, Dio. "Panduan Penanganan Perkara Penyandang Disabilitas Berhadapan Dengan Hukum." Diterbitkan Oleh Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia, Fakultas Hukum Universitas Indonesia (2019).
Caterin M. Simamora dan Rahayu Ningsih, inklusivitas ekonomi digital di indonesia: perspektif gender dan penciptaan lapangan kerja (studi kasus kampung marketer), Cendekia Niaga 2020, Volume 4 Nomor 2 :39 -52.
Daniel Krüger dan Alexandra David, Entrepreneurial Education for Persons With Disabilities—A Social Innovation Approach for Inclusive Ecosystems, 2020.
Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, 2021, Dokumen Rancangan Awal RENSTRA Tahun 2021-2026.
Esti Pasaribu, dkk, Dengan penelitian yang berjudul Pemanfaatan Marketplace dan Digital Marketing Pada Usaha Himpunan Wanita Penyandang Disabilitas Kota Bengkulu, Madani : Indonesian Journal Of Civil Society Vol. 5, No.1, Februari 2023, pp. 83-89.
Evita Purnaningrum, Penelitian yang berjudul “Pemberdayaan UMKM Disabilitas Trenggalek untuk Peningkatan Pendapatan Pasca Pandemi melalui Upgrading Sosial Media.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekobis Abdimas, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2021.
Evita Purnaningrum,dkk Pentingnya Penerapan Pola Pikir Entrepreneurship Pada Masyarakat Guna Menghadapi Kehidupan Normal Baru, Ekobis Abdimas Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 3, Nomor 1, Juni, 2022.
Fahrial, 2022, UMKM Digital: Konsep, Strategi dan Dinamika, Depok: Madani Berkah Abadi.
Halim Budi Santoso, dkk, Pemberdayaan Kewirausahaan Berbasis Teknologi Informasi Bagi Masyarakat Penyandang Disabilitas Di Gunung Kidul, Patria: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, ISSN: 2656-5455 (media online) Vol. 3 | No. 1 Maret 2021 .
Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino
Jaya, I Made Laut Mertha. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan dan Riset Nyata, Cet. 1. Yogyakarta: Quadrant.
Lintang Citra Christiani, dkk, Pengembangan Kemandirian Kelompok Difabel Melalui Pemanfaatan Pemasaran Digital di Kota Magelang, DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 5, No. 2 April 2021 Hal. 276-286.
M. Thesa Ghozali dan Salmah Orbayinah, Program Pemberdayaan Kelompok Usaha bagi Penyandang Difabel Melalui Pemanfaatan Digital Marketing, PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat Volume 7, Issue 4, Page 594–599 July 2022.
Milena Lazi?, dkk, 2023, Digital Competences as a Precondition for an Inclusive Digital Economy -Is There a Gender Gap among Persons with Disabilities in Serbia?, Journal of Women’s Entrepreneurship and Education (2023, No. 1-2, 51-71)
Muri A Yusuf. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan. Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Nurcahyo, B. H., & Khasanah, I. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Taman Joglo Cafe Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 427-442.
Putri Robiatul Adawiyah dan Hadi Jatmiko, Dengan judul penelitian “PKMS Braille Digital Marketing UMKM AlMumtaz Eduwisata Difabel Penyandang Disabilitas Tunanetra dan DaksaRinganEra New Normal di Kabupaten Banyuwangi.” Journal of Community Development,Vol. 2, No. 1, Oktober 2021.
Ruhiyati Idayu Abu Talib, dkk, Digital Society and Economy for People with Disabilities in Industry 4.: Malaysia Perspectives, EAI Endorsed Transactions on Creative Technologies 04 2019 - 07 2019 | Volume 6 | Issue 20
Rukin, 2021, Metodologi Penelitian Kualitatif. Takalar: Ahmar Cendekia Indonesia.
Shumaila Yousafzai,dkk, Introduction to the Research Handbook on Disability and Entrepreneurship,EE Elgarorlin, 2022.
Ulin Nuha, Undergraduate thesis, IAIN KUDUS, 2022. Dengan penelitian yang berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Disabilitas Melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Pada Forum Komunikasi Disabilitas Kudus).”
Vanaja Syifa Radissa, dkk, Jurnal Pekerjaan Sosial, Vol. 3 No: 1, Hal: 61 - 69, Tahun 2020.
Prayitno, Aris. (2022). Pengertian digital marketing menurut para ahli (strategi - perkembangannya di Indonesia)
Refbacks
- There are currently no refbacks.