Analisis Kualitas Aplikasi Absensi Pegawai Pusaka Menggunakan Metode Servqual di Kantor Kementerian Agama Kota Palembang
Abstract
Kemajuan teknologi informasi telah membawa dampak signifikan dalam manajemen sumber daya manusia, termasuk dalam pengelolaan absensi di instansi pemerintah. Absensi merupakan proses penting yang berhubungan erat dengan perhitungan gaji dan upah, dan teknologi seperti aplikasi absensi elektronik telah digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi. Namun, pandemi COVID-19 memaksa pergeseran dari aplikasi absensi elektronik ke sistem informasi baru untuk mengurangi risiko penyebaran virus. Di Kementerian Agama Kota Palembang, aplikasi Pusaka dirancang untuk meningkatkan efisiensi pencatatan kehadiran pegawai. Meskipun demikian, aplikasi ini menghadapi tantangan seperti ketidakakuratan pencatatan, gangguan teknis, dan masalah kecepatan respon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan aplikasi Pusaka dengan menggunakan metode Servqual dan Importance-Performance Analysis (IPA). Penelitian ini menemukan bahwa aplikasi Pusaka memiliki kelebihan dalam hal keandalan dan ketanggapan, namun terdapat kekurangan pada beberapa atribut yang memerlukan perbaikan. Melalui analisis SERVQUAL, ditemukan bahwa atribut-atribut tertentu memerlukan perhatian lebih untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Hasil penelitian ini memberikan wawasan untuk perbaikan sistem yang lebih baik, mendukung operasional yang lebih efektif di Kementerian Agama Kota Palembang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kemenag Sumsel: Struktur Organisasi Kemenag Kota Palembang. (T.T.). Diambil 28 Agustus 2024, Dari Https://Sumsel.Kemenag.Go.Id/
Novita, R. (2019). Kualitas Layanan Sistem Informasi Pengarsipan
Menggunakan Metoe Servqual. Seminar Nasional Teknologi Informasi
Komunikasi Dan Industri, 0, Article 0.
Nugroho, F. H., Ningsih, I. W., Wahyuni, E., & Ahmaddien, I. (2020a). Analisis Pengaruh Pandemi Dan Pembelajaran Secara Daring Terhadap Prestasi Melalui Variabel Intervening Keadaan Ekonomi
Mahasiswa Universitas Sangga Buana Ypkp Bandung. Jurnal EBI, 2(2). Https://Doi.Org/10.52061/Ebi.V2i2.18
Nugroho, F. H., Ningsih, I. W., Wahyuni, E., & Ahmaddien, I. (2020b). Analisis Pengaruh Pandemi Dan Pembelajaran Secara Daring Terhadap Prestasi Melalui Variabel Intervening Keadaan Ekonomi Mahasiswa Universitas Sangga Buana Ypkp Bandung. Jurnal EBI,
(2). Https://Doi.Org/10.52061/Ebi.V2i2.18
Prihatiningrum, A. A., & Zuraidah, E. (2022a). Analisa Kualitas Layanan Aplikasi Mobile Banking Pada Nasabah Bjb Cabang Tangerang Menggunakan Metode Servqual. Journal Of Information System Research (JOSH), 3(4), Article 4. Https://Doi.Org/10.47065/Josh.V3i4.1653
Prihatiningrum, A. A., & Zuraidah, E. (2022b). Analisa Kualitas Layanan Aplikasi Mobile Banking Pada Nasabah Bjb Cabang Tangerang Menggunakan Metode Servqual. Journal Of Information System Research (JOSH), 3(4), Article 4. Https://Doi.Org/10.47065/Josh.V3i4.1653
Sentia, T., Mustafia, M., & Zuraidah, E. (2022). Analisa Kualitas Layanan Pada E-Learning Di Sekolah Menggunakan Metode Servqual. Journal Of Informatics Management And
Information Technology, 2(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.47065/Jimat.V2i3.167
Refbacks
- There are currently no refbacks.