Pengaruh Pendekatan Saintifik Melalui Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XI IPA di MAN 1 Pasaman Barat

Resma Dewita, Charles C, Afrinaldi A, Yelfi Dewi

Abstract

The inadequate critical thinking skills of children in education spurred this study. Therefore, a scientific method is one of the learning strategies required to help pupils to acquire their critical thinking abilities. One learning model capable of supporting a scientific approach is the PBL model. This study thus seeks to determine the extent of effect the "Scientific Approach Through the For the Fiqh Class XI Science Subject at MAN 1 West Pasaman,"PBL Model tests students' critical thinking ability". Here is quantitative study using correlational techniques. There are ninety-five pupils in total, three courses. There were 95 students in the sample; the method of sampling was complete sampling. Data was gathered via a questionnaire and subjected to a basic linear regression test. It may be concluded that the scientific method applied using the PBL model has a favorable influence on critical thinking abilities and Ha is accepted because the sig. equal to 0.001 < 0.05 and t_count value 4.545 > t_table 1.980. Furthermore, the scientific method used via the PBL paradigm affects critical thinking abilities by 18.2%; the remaining 81.8% is formed by additional elements not investigated in this study.

Keywords

Scientific Approach, PBL Model, Critical Thinking Ability

Full Text:

PDF

References

Aprilia, S. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Mata Kuliah Konsep Sains II. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 2, 332. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/9855

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. Pembelajaran Berbasis Masalah: Apa dan Bagaimana? 3(1), 28. Difraksi.

Azizah 2023. Pengaruh Metode Saintifik Terhadap Perkembangan Berpikir Kritis Siswa SD JPPP, Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, 4(3), 225.

B Banawi, A. 2019. Menggunakan pendekatan saintifik dalam kerangka sintaksis pembelajaran Discovery/Inquiry, pembelajaran berbasis, pembelajaran berbasis proyek. Biosel: Pendidikan dan Ilmu Biologi, 8(1), 93.

Diastuti, IM (2021). Metode Pbl menggunakan Marquee Media berbasis hots.

Fajar, DTP, Padang, R. (2020). Penggunaan Metode Ilmiah untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu Sekolah Dasar Jurnal Ketiga Kajian Pendidikan Dasar, 3(2).

Fauziah, R.; Abdullah, AG; Hakim, DL. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Berorientasi Elektronika Dasar yang Terinspirasi dari Inovasi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pendidikan Teknologi Kejuruan, 9(2), 167.

Sulaiman, S., & Gade, S. 2019 Teori dan Praktek Pengembangan Interaksi Pendidikan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pengaturan Tekan. kE6HEAAAQBAJ adalah ID buku yang tersedia di books.google.co.id.

Gafrawi (2023). Pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah: Konsep Jurnal Pendidikan Islam Al-Gazali, 2 nomor 1, 79.

Haris, A., 2023 Penerapan Metode Ilmiah Dalam Sistem Pembelajaran Fiqih MI Miftsahul Hasan Tegalsono. Jurnal Program Studi PG MI, 10(2), 215.

/Hariyanti, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl)Pada Kelas X Dpib 1 Di Smk Negeri 2 Ciamis. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 6.

A. Izzuddin, 20211 Menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran daring pada lembaga pendidikan dasar di masa pandemi COVID-19. As-Sabiqun, tiga-satu, 53.

L Diana, D. (2020). Pendekatan Pemikiran Kritis Berbasis Sains. Jurnal Pendidikan MI, 6(1), 16 Melita Rahardjo, M. (2019). PGMI Mitra Pengembangan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini dengan Pendekatan Saintifik. Sarjana: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, sembilan (2), 150.

Munir, VM dan Hamid, A. 2020 Menggunakan media video, pembelajaran flipped digunakan pada Fiqh Kelas Xii Ipa 1 di Ma Bahrul Ulum Blawi. Al Qalam: Jurnal Ilmu Agama dan Sosial, empat belas (2), 178.

Nufus, H., & Al-Kusaeri. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(September), 54.

Nuraini, & Slam, Z. (2020). Pengaruh Strategi True Or False Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Mata Pelajaran PPKN di SDN Kapuk 16 Pagi Nuraini. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 2–3.

Rif'iyati, D. (2023) Nurhayati, A. Menggunakan metode ilmiah untuk menjelaskan kecakapan hidup siswa pada mata pelajaran fiqih Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 74.

Nurjaman, A., 2021 Menggunakan Desain Pembelajaran “Assure”, Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pendidikan Agama Islam. Adab Readership Publishers OXYTEAAAQBAJ adalah ID buku yang tersedia di books.google.co.id.

Pelu, M. (2019). Application Of Problem Based Learning Model With Variation In The Condition Of Learning Environment (Seating) To Increase Student Learning Activity And Critical Thinking Ability. Historika, 22(2), 131.

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.

RI, P. P. (2003). Undang-Undang Repubblik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rohman, F., dan Kusaeiri (2021). Evaluasi Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal (WGCTA) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Fikih, 19(3), 342 Jurnal Kajian Agama dan Pengajaran Keagamaan

Roudlo, M.; 2020 Penerapan Model Flipped Classroom dalam Pendidikan STEM, Kemandirian Belajar dan Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis 20.509 Seminar Nasionalisme Pascasarjana UNNES

Sesmiarni, Z. (2015). Membendung Radikalisme dalam Bidang Pendidikan dengan Teknik Kalam Pemikiran Islam dan Kajian Keagamaan, 9, 234 Jurnal

K. Suparsawan 2020 tandai Kerjasama Model Pembelajaran STAD dengan Pendekatan Saintifik untuk Mengaktifkan Siswa THE SYSTEMIC ORDER

Triwulandari, S., & U.S, S. (2022). Analisis Inteligensi Dan Berpikir Kritis. Utile: Jurnal Kependidikan, 8(1), 55.

Yuvica, Khaerudin, I. R., & Wiraning, N. S. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa SMA Kelas X (Studi Penelitian Eksperimen Semu di SMA Negeri 1 Palimanan Kab. Cirebon). Edunomic, 3(2), 263.

Zahra, A. N., Arsya, F., & Rahmi, U. (2023). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran PAI Di SD Negeri 04 Birugo Bukittinggi. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 247.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.