Efektivitas Pembelajaran Nahwu Pada Kelas 9 di Baitul Quran
Abstract
Pada abad ke-21 ini merupakan abad di mana perkembangan zaman adalah hal yang lumrah, hari demi hari selalu ada hal baru yang ditemukan baik itu dari teknologi maupun hanya pengetahuan belaka. Dengan kemajuan ini terjadi pula sosialisasi yang makin internasional yang terjadi karena mudahnya akses pada teknologi hingga berpengaruh pada kehidupan masyarakat pada suatu daerah yang banyak didatangi oleh pengunjung diharuskan untuk dapat berkomunikasi dengan para pendatang agar dapat menerima dan menyampaikan pesan yang dapat dipahami. Maka pendidikan bahasa jadi kebutuhan yang primer untuk tiap individu yang berniat untuk dapat berkomunikasi dengan penutur bahasa baik hanya untuk urusan sosial maupun bisnis. Berhubungan dengan kemampuan berbahasa di indonesia ini maka banyak sekali bahasa yang harus kita ketahui karena negara Indonesia telah menjadi fokus bagi berbagai negara di seluruh belahan dunia, di antara banyak negara yang berpengaruh pada Indonesia adalah negara Arab dengan begitu Bahasa Arab haruslah menjadi fokus pendidikan kita selain bahasa nasional dan daerah. Penulis kali ini akan membahas dengan ringkas salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan materi Nahwu kepada peserta didik juga menilai seberapa efektivitas metode yang dipakai bila dilihat dari sebagaimana materi tersampaikan dan berpengaruh pada keseharian peserta didik. Metode penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu dengan cirinya yaitu: rasional, sistematis dan empiris. Dalam materi kali ini penlulis menggunakan metode Observasi beberapa individu terhadap efektivitas dari pengajaran materi Nahwu. Teknik pendekatan yang digunakan adalah kulalitatif untuk dapat mengetahui uji dari pengetahuan Nahwu yang digunakan dan wawancara untuk mengumpulkan data.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Umi Machmudah,Khuzaimah (2022) Efektifitas Epitome Sebagai Media Pembelajaran Nahwu
Abdullah, M. (2015). Metode Efektif dalam Pembelajaran Nahwu dan Sharaf. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Pendidikan.
Mansur, Z. (2019). "Peran Teknologi dalam Peningkatan Pemahaman Nahwu di Era Digital." Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(3), 245-258.
Al-Badawi, M. (2021). "Pengaruh Metode Pembelajaran Interaktif Terhadap Pemahaman Nahwu pada Siswa Sekolah Menengah." Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(2), 113-130.
Arsyad, A., & Majid, N. (2010). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya: beberapa pokok pikiran. Pustaka Pelajar.
Fakhrurrozi, A., & Mahyudin, E. (2012). Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.
Munir, D. R., & Fauzi, A. R. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Qowaid Ilmu Nahwu Dengan Menggunakan Media Rumus Arab Pegon. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(1), 221–228.
Refbacks
- There are currently no refbacks.