Implementasi Pengenalan Budaya dan Bahasa Jepang Melalui Penggunaan Media Teknologi Pendidikan Pada Anak Usia 10 Sampai 11 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pengenalan budaya dan Bahasa Jepang melalui penggunaan media teknologi pendidikan pada anak usia 10 sampai 11 tahun. Selain itu, penelitian ini juga untuk mendeskripsikan kelebihan dari implementasi penggunaan teknologi pendidikan dalam pengenalan budaya dan bahasa Jepang. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 10 sampai 11 tahun yang berjumlah 26 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan media berbasis teknologi. Peningkatan nilai rata-rata pretest yang semula hanya 33,8 menjadi 77,6 saat posttest. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi media berbasis teknologi pendidikan dapat membantu mengenalkan pengenalan budaya dan bahasa Jepang pada anak usia 10 sampai 11 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kurniawan, B. (2023). Inovasi dalam Evaluasi Pembelajaran: Penggunaan Aplikasi Digital. Yogyakarta: Media Edukasi.
Nurhadi, T. (2022). "Efektivitas Penggunaan Quizizz dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Dasar, 18(1), 78-89.
Lisa’adah Al Husnah, d. (2023). Quizizz Paper Mode Is New : Students’ Perception Of Using E-Tool Of Language Assessment In Efl Class. A Journal of Culture English Language Teaching Literature and Language, 121-137. Retrieved Agustus 07, 2024
Moniung, I. J. (2018). Pengajaran Bahasa Jepang Tingkat Dasar Siswa Sd Negeri Kelurahan Pancuran Kecamatan Lembeh Selatan. Jurnal LPPMBidang EkoSosBudKum, 4(2), 59-67.
Putra, R. W. (2023). Improving Students’ Vocabulary Through Paper-Mode Quizizz: A Classroom Action Research in Indonesian EFL setting. English learning Inovation, 4(1), 22-31. Retrieved Agustus 07, 2024
Refbacks
- There are currently no refbacks.