Hubungan Antara Aktivitas Anak Usia Dini Pada Penggunaan Large Movable Alphabet Dengan Kemampuan Membaca Permulaan (Studi Kasus di Kelompok B1 RA Al-Wafa Desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung)

Hawwa Nurbani Yazid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas large movable alphabet; (2) kemampuan membaca permulaan anak; dan (3) hubungan antara aktivitas large movable alphabet dengan kemampuan membaca permulaan anak usia dini di Kelompok B1 RA Al-Wafa Desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Kemampuan membaca permulaan anak dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah aktivitas large movable alphabet. Large movable alphbaet dapat digunakan untuk meletakan huruf pada garis yang bertujuan mengenalkan anak pada peletakan huruf tertulis yang benar secara berderet. kegiatan memindahkan huruf dari kotak ke papan tulis kemudian dilanjutkan dengan menuliskan huruf satu persatu dengan cara meniru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok B1 RA Al-Wafa Cileunyi Bandung yang berjumlah 25 anak. Penelitian ini menggunakan sampling jenuh, yang mana semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data, menunjukkan aktivitas large movable alphabet diperoleh nilai rata-rata sebesar 84. Angka tersebut berada pada interval 80-100 dengan kategori sangat baik. Sedangkan kemampuan membaca permulaan anak diperoleh nilai rata-rata anak yaitu 83. Angka tersebut masuk pada interval 80-100, yang berarti memiliki kualifikasi sangat baik. Hubungan antara aktivitas large movable alphabet dengan kemampuan membaca permulaan anak diperoleh harga koefisien korelasi melalui rumus Spearman Rank sebesar 0,927 angka ini berada pada rentang 0,800 – 0,999 (sangat kuat). Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga  sebsesar 12,03 dan  sebesar 2,069 pada taraf signifikan 5% dengan db 23. Oleh karena = 12,03 > = 2,069 maka diinterpretasikan Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu pengaruh aktivitas large movable alphabet terhadap kemampuan membaca permulaan anak di Kelompok B1 RA Al-Wafa Cileunyi Bandung sebesar 86%. Artinya masih terdapat sebesar 14% kemampuan membaca permulaan anak dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords

Anak Usia Dini, Large Movable Alphabet, Kemampuan Membaca

Full Text:

PDF

References

Aay. (2016). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Montessori.” Jurnal Penelitian. IX (I). Hlm 70–110.

Adhim Fauzil Muhammad. 2007. Membuat Anak Gila Membaca. Bandung: Mizani.

Aisyah, Siti. 2015. Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Deepublish

Aline, D Wolf. Tanpa Tahun. A Parent Guide To The Montessori Classroom diterjemahkan Oleh Husein, Benyamin Furqon. Bekasi: Al-Muzzamin.

amaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Grasindo.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Posedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aulina, N Choirun. 2012. Pengaruh Permainan dan Penguasaan Kosa Kata terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal: Pedagogia Vol.I No.2, Juni 2012:131-143.

Aulina, N Choirun. 2012. Pengaruh Permainan dan Penguasaan Kosa Kata terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal: Pedagogia Vol.I No.2, Juni 2012:131-143.

Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Dhieni, Nurbiana dkk. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dhieni, Nurbiana dkk. (2014). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Emmi Silvia Herlina (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir Lppm Universitas Asahan.

Emmi Silvia Herlina (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan.

Friska Eprilia, Fifiet Dwi Tresna Santana (2020). Pembelajaran Berbasis Metode Montessori Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permualaan Anak

Friska Eprilia, Fifiet Dwi Tresna Santana (2020). Pembelajaran Berbasis Metode Montessori Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permualaan Anak.

Friska Eprilia, Fifiet Dwi Tresna Santana (2020). Pembelajaran Berbasis Metode Montessori Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permualaan Anak.

Gettman, D. 2016. Metode Pengajaran Montessori Tingkat Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hayati, Tuti. (2013). Pengantar Statistik Pendidikan. Bandung : CV. Insan Mandiri.

Hayati, Tuti. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Bandung : CV. Insan Mandiri.

Hestinarini, Tuti. (2021). “Pengaruh Media Kofabar ( Kotak Alfabet Dan Gambar) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun (Penelitian pada Siswa Kelompok B TK Tungguk Rahayu Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo)” Skripsi, Program Studi Pg- Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Magelang

Hisna. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Balok Huruf Taman Kanak-Kanak Pasaman Barat. Padang: Universitas Negeri Padang. Jurnal Pesonal PAUD. Vol. 1.No.1.

Jaipul L Roopnarine Dan James E Johnson (2011). Pendidikan Anak Usia Dini : Dalam Berbagai Pendekatan. Kencana Prenada Media Grup

Jayanto, A.A Krisna, dan Lasmawan. 2013. Penerapan Media Gambar dalam Meningkatkan Membaca Permulaan Kelompok B TK Dharma Putra Kedongan Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal: E-Journal Program Pascasarjana Pendidikan Ganesha Volume 3.

Juanda.D. Muh Adipati (2021). “Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Penggunaan Movable Alfabeth Pada Murid Cerebral Palsy Kelas Iii Di Slb Negeri 1 Gowa” Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Universitas Negeri Makassar

Kelompok A Di Kids Talent. JURNAL CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif).

Kurnia, Rita.(2019). Bahasa Anak Usia Dini .Yogyakarta : Cv.Budi Utama

Kurnia, Rita.(2019). Bahasa Anak Usia Dini .Yogyakarta : CV.Budi Utama

Mega Wulansi. (2016). Pengaruh Media Gambar Menggunakan Movable Alphabet Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Di Tk It Izzudin Palembang.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya Inderalaya

Meity,& Izul Ramdani. (2014). Menumbuhkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Meliyawati. (2016). Pemahaman Dasar Membaca. Sleman: Deepublish.

Mentessori Maria (2013).Metode Montessori, Pustaka Pelajar

Montessori, Maria. 2013. Metode Montessori: Panduan wajib untuk guru dan orang tua didik PAUD (pendidikan anak usia dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD) (Penerjemah: Suci Romadhona & Apri Widiastuti). Jakarta: PT INDEKS.

Muh. Adipati Juanda Dahlan , Tatiana Meidina , H. Abd Hadis (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Penggunaan Movable Alfabeth Pada Murid Cerebral Palsy Kelas III Di Slb Negeri 1 Gowa. Pinisi Journal Of Education.

Mulyadi, Mohammad. (2011). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media.

Paramita, Vidya (2020) “Montessori: Keajaiban Membaca Tanpa Mengeja”. yogyakarta: Bentang Pustaka

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Permendikbud No.137. Tahun 2014 tentang Sistem Standar Isi Pendidikan Anak Usia Dini.

Permendkbud RI No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Paud, Lampiran 1 Standar Isi Tentang Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak.

Priatna, Tedi. (2017).Prosedur Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Insan Mandiri

Savitri, Maya. 2019. Montessori For Multiple Intelligences. Yogyakarta: Bentang Pustaka

Shiel, Gerry. Aine Cregan, Anne McGough and Archer. 2012. Oral Languange in Early Childhood and Primary Education (3-8 Years). National Council the Curriculum and Assesment (NCCA):14

Sjiono, Bambang dan Yuliani Nurani Sujiono. 2005. Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.

Slamet, Suyanto. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Soedarso. 2006. Membaca Cepat Dan Efektif. Jakarta: Gramedia

Sofia Hartati. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Susanto,Ahmad. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Kosep Dan Teori. Jakarta: CV. Bumi Aksara

Suwardi, Masni Erika Firmiana, Rohayati.2014 Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, Vo. 2, No.4

Syakir Abdul Azhim. (2002). Membimbing Anak Terampil Berbahasa. Seri Keluarga. Jakarta: Gema Insani.

Tampubolon. (1993). Mengembangkan Minat Dan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Bandung: Angkasa.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendiknas.

Widhyastuti, Ana. (2017). Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis. Jakarta: PT Elex Media Komputind

Zahira, Zahra. 2019. Islamic Montessori. Jakarta: Anak Kita.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.