Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Siswa Menengah Atas
Abstract
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intnal serba guna yang muatanya lebih optimal agar sehingga peserta didik mempunyai waktu yang cukup untuk membiasakan diri dengan konsep dan memperkuat tampilannya. Implementasi Kurikulum Merdeka dapat berdampak pada hasil belajar siswa. Dengan memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih dan menyesuaikan pembelajarannya sesuai minat dan kebutuhannya, diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Namun penerapan Kurikulum Merdeka di tingkat SMA juga menghadapi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan Kurikulum Merdeka mempengaruhi hasil belajar siswa di SMA, serta faktor-faktor yang mempengaruhi proses penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode Studi Literatur berdasarkan penelusuran dilakukan melalui Google Scholar dan kriteria seleksi inklusi yang ketat. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif Kurikulum Merdeka Belajar terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Atas. Faktor-faktor seperti desain pengajaran yang baik, metode pembelajaran inovatif, partisipasi guru dan siswa, serta motivasi belajar yang tinggi menjadi kunci dalam penerapan kurikulum ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran.
Chaniago, S., Yeni, D. F., & Setiawati, M. (2022). Analisis penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran geografi di MAN I Koto Baru. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 2(3), 184-191.
Fitri, A. A., Rianto, S., & Febriani, T. (2023). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X di SMAN 2 Tilatang Kamang. Journal on Education, 5(4), 17444-17451.
Hildayati, H., Mayasari, A., & Nurliani, N. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas X-1 SMAN 4 Banjarmasin. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 53-60.
Huljannah, M. (2021). Pentingnya proses evaluasi dalam pembelajaran Di sekolah dasar. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 2(2), 164-180.
Hutabarat, H., Harahap, M. S., & Elindra, R. (2022). Analisis penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58-69.
Hutagalung, S. D. G., & Kurniati, E. (2024). Analisis Perubahan Kurikulum Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sman 3 Kota Jambi (Studi Perubahan Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka). Scientica Education Journal, 1(2), 1-8.
Irsandi, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 2 Mejayan Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Tahun Pelajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Kamarullah, H., Marganingsih, A., & Thoharudin, M. (2024). PENGARUH KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI MAN 1 SINTANG. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 9(1), 219-228.
Munawar, M., Muzakar, A., & Badarudin, B. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Di SMA Lombok Timur. Jurnal Suluh Edukasi, 4(1).
Munthe, M. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kurikulum ditinjau dari sudut manajerial. Warta Dharmawangsa, 14(2).
Mustajab, W., Ahman, E., & Disman, D. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERDAHAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA KELAS X-1 SMAN 30 KABUPATEN TANGERANG. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(2), 288-292.
Rania, D. P., Sazili, S., Zufiyardi, Z., Milla, H., & Ayuni, R. (2024). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 3(2), 57-66.
Sari, Y. G., Putra, B. E., Miranti, Y., & Setiawati, M. (2022). Hubungan peningkatan motivasi belajar siswa dengan penerapan kurikulum merdeka belajar kelas X DI SMA 1 IX Koto Sungai Lasi. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4), 131-138.
Septiani, A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari pembelajaran matematika dan pelaksanaan P5 (studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang). AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(3), 421-435.
Sitorus, F. R., Waruwu, K. K., & Febry, A. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan West Science, 1(06), 328-334.
Sundari, T. E. P. (2021). Stakeholders Dalam Pendidikan. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 5(2), 285-296.
Utaminingtyas, S., Subaryana, S., & Puspitawati, E. N. E. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2).
Yuliawan, E., & Saputra, A. S. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1 Tanjung Jabung Timur Implementation Of The Independent Learning Curriculum At SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA), 2(1), 01-09.
Refbacks
- There are currently no refbacks.