Strategi Pembelajaran Eksperimen

Aina Mardhiyah Ulfa, Bahaking Rama

Abstract

Strategi eksperimen merupakan cara yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir serta dapat mengasah kreativitas peserta didik melalui pengamatan suatu objek dengan menganalisis dan membuktikan sendiri percobaan yang telah dilakukan untuk mencari tahu kebenarannya. Tulisan ini memuat tinjauan terhadap literatur yang membahas secara konkret terkait strategi pembelajaran eksperimen beserta langkah-langkah dan kelebihan dalam penerapannya. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode library research atau studi kepustakaan, merujuk pada ragam tulisan atau kajian terdahulu mengenai strategi pembelajaran eksperimen, dengan buku dan artikel ilmiah sebagai sumber rujukan utama. Pendekatan yang digunakan adalah pedekatan historis dengan mendeskripsikan strategi pembelajaran eksperimen dari berbagai perspektif. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini ialah bahwa pembelajaran eksperimen merupakan rangkaian dari teori konstruktivisme yang menekankan pada pembelajaran aktif serta partisipatif dari peserta didik sehingga mereka mendapatkan pengalaman baru dengan cara melakukan suatu percobaan dan mengamati prosesnya, adapun dampak positif dari pembelajaran eksperimen ini adalah (1) dapat memperdalam pemahaman teori dengan praktek yang sedang dilakukan, (2) dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa terhadap tantangan baru yang dilakukan, sedangkan dampak negatif dari penggunaan strategi ini adalah (1) tidak semua sekolah menyediakan fasilitas, peralatan, dan bahan dalam menunjang pelaksanaan strategi ini, (2) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi ini memerlukan waktu yang lama sehingga menyiapkan waktu yang banyak untuk menerapkannya.

Keywords

Strategi, Pembelajaran, Eksperimen

Full Text:

PDF

References

Asrori, Mohammad. (2016) ‘Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran’, Madrasah, 6.2.

Debrianti, Auliah. (2024). ‘Strategi Pembelajaran Eksperimen Pada Pembelajaran Pai’, artikel penelitian.

Elin Herlina, dkk. (2022). Strategi Pembelajaran. Makassar: CV. Tohar Media.

Ermida. (2019) ‘Penggunaan Metode Eksperimen Learning Sebagai Metode Pembelajan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa’, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3.2.

Hamzah, Ashari Rahma, Romi Mesra. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21.

Jeprianto., dan Herwani. (2021). ‘Pengembangan Strategi Dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 28.02.

Mayangsari, Dewi, Nuriman, and Agustiningsih. (2014). ‘Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Pokok Bahasan Konduktor Dan Isolator SDN Semboro Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013’, Edukasi Unej, 1.1.

Muttaqin, Ahmad, Ahmad Patoni, Heni Kurniawan, Muhammad Lukman. (2019). ‘Pelaksanaan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MA Miftahul Hidayah Pekanbaru’, Jurnal Nalar Pendidikan, 7.2.

MZ, Rafika Dwi Rahmah. (2020). ‘Pengembangan Materi Allah Pencipta Alam Semesta Pada Pembelajaran PAI Dengan Eksperimen Sains Di SD Muhammadiyah Bayen’, AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 6.2.

Nasution. Wahyudin Nur. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Rismawati, Ratman, and Andi Imrah Dewi. (2016). ‘Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi Panas Pada Siswa’, Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4.1.

Ritongga, Supardi, Nurul Afidal. Pendidikan Agama Islam, and others, ‘Sri Handayani INNOVATIVE’, Journal Of Social Science Research, 3 (2023).

Salmon, Y. (2020). ‘Metode Pembelajaran Eksperimen Dari Perspektif Islam’, Annual Conference on Islamic Education and …, I.I.

Suryadi, Ahmad. (2022). Memahami Ragam Strategi Pembelajaran. Sukabumi: CV. Jejak, anggota IKAPI.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.