Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Studi Kasus Pada Rumah Makan Lodho Lissy Desa Ngunggahan Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung

Ahmad Tizar Haris Indrawan, Muhammad Anasrulloh

Abstract

Salah satu strategi yang digunakan untuk menghadapi persaingan diantara usaha-usaha lain adalah strategi bauran pemasaran. Strategi pemasaran yang diterapkan pada Rumah Makan Lodho Lissy adalah strategi bauran pemasaran 7P. Fokus penelitian ini adalah: Bagaimana strategi bauran pemasaran 7P yang diterapkan pada bisnis kuliner Rumah Makan Lodho Lissy Desa Ngunggahan Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung?. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi bauran pemasaran 7P yang diterapkan pada bisnis kuliner Rumah Makan Lodho Lissy Desa Ngunggahan Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data yang di peroleh adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: produk pada Rumah Makan Lodho Lissy Desa Ngunggahan Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung mempunyai cukup banyak varian. Terdapat potongan pada harga dan juga terjangkau. Tempat strategis dan bersih. Promosi yang dilakukan oleh Rumah Makan Lodho Lissy Desa Ngunggahan Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung dilakukan dengan menggunakan media sosial serta menggunakan promosi dengan metode mulut ke mulut. Orang ataup karyawan di Rumah Makan Lodho Lissy Desa Ngunggahan Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung ditempatkan sesuai keahliannya dan langsung praktek. Proses berupa peralatan pendukung produk lengkap dan memadai. Bukti fisik berupa fasilitas untuk kenyamanan konsumen memadai dan tempat bersih.

Keywords

Strategi, Pemasaran, Bisnis, Kuliner

Full Text:

PDF

References

Aisyah, A. (2016). Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Bauran Pemasaran dan SWOT pada Perusahaan Popsy Tubby. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(3).

Amir, T. (2005). Dinamika Pemasaran: Jelajahi dan Rasakan. PT. Raja Grafindo Persada.

Anang, F. &. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. CV Budi Utama.

Assauri, S. (2004). Manajemen Pemasaran (R. Press (ed.)). Rajawali Press.

Assauri, S. (2008). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi, Cetakan Kesebelas. PT Raja Grafindo.

Hasibuan, H., & M. S. P. (2007). Dasar-dasar Perbankan. PT. Bumi Aksara.

Hidayat, C. (1998). Manajemen Pemasaran. Badan Penerbit IPWI.

Hubeis, M. dan M. N. (2014). Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. PT Ele Media Komputindo.

Jakfar, K. dan. (2003). Studi Kelayakan Bisnis. Prenada Media.

Kotler, P. dan G. A. (2004). Dasar-dasar Pemasaran Edisi Kesembilan. Penerbit Indeks.

Larassati, N. (2022). Strategi Meningkatkan Kualitas Layanan Melalui Digitalisasi Perbankan. At Tamwil, (4) 2.

Lupi, F. R. dan N. N. (2015). Analisis Strategi Pemasaran dan Penjualan E-Commerce pada Tokopedia.com. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 3(1).

Moleong, L. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nofiar. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk Perusahaan Studi Kasus pada PT Global Haditech. Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 1(4).

Oentoro, D. (2010). Manajemen Pemasaran Modern. LaksBang Pressindo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.