Media Pembelajaran Fisika dengan Platform Carrd.co pada Materi Usaha dan Energi

Dwi Mairawati, Muhamad Zaidan Fahdoli, Ahmad Fikri Alfarizki

Abstract

Keikutsertaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran diharapkan akan mempengaruhi hasil belajar, semakin efektif pembelajaran diartikan bahwa semakin konkritnya pembelajaran yang diajarkan dan dirasakan peserta didik. Carrd.co membantu siswa memahami fisika dengan lebih baik. Dengan menggunakan metode Research and Development dan model pengembangan 4D (Define/pendefinisian, Design/perencanaan, dan Development/pengembangan, serta Disseminate/penyebarluasan) mendapatkan hasil uji kelayakan dengan persentase 84%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan bahwa media pembelajaran fisika dengan platform Carrd.co pada materi usaha dan energi memiliki nilai kelayakan yang sangat baik. Oleh karena itu, pemanfaatan media Carrd.co dalam pembelajaran fisika harus terus dikembangkan.

Keywords

Media pembelajaran, Carrd, usaha, energi.

Full Text:

PDF

References

Affandi, M. R. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 150.

Aththibby, A. R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Topik Bahasan Usaha Dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika, 25-33.

Buchori, A. d. (2015). Development Learning Model of Character Education Through E-comis in Elementary School. Int J Educ Res.

Budiman. (2017). Penerapan pendidikan teknologi dasar pada pembelajaran fisika dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 2.

Darussalam, A. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB INTERAKTIF (BLOG) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMASARAN ONLINE SUB KOMPETENSI DASAR MERANCANG WEBSITE (Studi Pada Siswa Kelas X Tata Niaga SMK Negeri 2 Nganjuk). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2), 2.

Ikhbal, M. &. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, 15-24.

Mahsum, S. P. (2023). DESAIN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE CARRD.CO PADA MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bandung: Press Universitas Pendidikan Indonesia.

Muthmainnah, U. (2022). Pendayagunaan Carrd Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Website. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 96.

Qohar, S. &. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1.

Raudah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Carrd.Co Untuk Menyonsong Pendidikan Di Abad 21. Journal of Instructional Technology, 83-91.

Riduwan. (2018). Skala Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Socrates, T. P. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality: Studi Literatur. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 96-101.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Suyatman, S. S. (2009). Fisika 2 Mudah dan Sederhana Untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: CV Putra Nugraha.

Thiagarajaan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional childern . A sourcebook.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.