Implementasi Literasi Baca-Tulis Pada Pembelajaran Teks Anekdot Di Kelas X-4 Sma Negeri 6 Lhokseumawe

Mawaddah M

Abstract

Literasi baca-tulis  merupakan keterampilan dasar yang sangat penting dalam kehidupan. Literasi membaca dan menulis menjadi hal pokok yang dibutuhkan untuk memahami dan mengomunikasikan ide, gagasan, dan informasi dalam lintas disiplin ilmu lainnya. Dalam pembelajaran, literasi membaca memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran secara komperehensif, sedangkan literasi menulis dapat membantu siswa dalam mengembangkan daya pikir kritis analitis. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 6 Lhokseumawe. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas X-4. Data penelitian dikumpulkan melalui pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Implementasi literasi baca-tulis dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Kegiatan literasi membaca yang dilakukan siswa meliputi menyimak teks anekdot, memirsa teks berbentuk komik, dan membandingkan informasi antara teks visual dengan teks eksposisi. Pada kegiatan literasi menulis, siswa mengevaluasi pesan dalam teks anekdot secara kritis, mengonversi teks eksposisi menjadi teks anekdot, dan membuat komik strip sebagai media kritik sosial. Implementasi literasi baca-tulis dilakukan secara terintegrasi dalam pembelajaran.

 

Keywords

Implementasi, literasi, literasi baca-tulis, anekdot

Full Text:

PDF

References

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. 2022. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase A – Fase FI. Jakarta : Kemendikbud.

Faizah, Dewi Utama, dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah. Cet. I. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gumilar, Sefi Indra dan Aulia, Fadila Tri. 2021. Buku panduan Guru: Cerdas dan Cergas Berbahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Gumilar, Sefi Indra dan Aulia, Fadila Tri. 2021.Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X. Jakarta: Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Sari, Putu Ayu Purnama. 2020. “Hubungan Literasi Baca-Tulis dan minat Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesiaâ€. Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 3 No.1, 141-151.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Husni, Teuku. Implementasi budaya literasi baca-tulis melalui membaca pemahaman http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=4153. Diakses 20 Maret 2023.

Tim Gerakan Literasi Nasional. 2017. Literasi Baca Tulis. Jakarta :Kemendikbud.

Unesco. 2003. The Prague Declaration “Towards An Information Literate Societyâ€. Cheko: Prague. http://www.unesco.org/fileadmin/ MULTIMEDIA/HQ/CI/CI/

pdf/PragueDeclaration.pdf

Unesco. 2007. Global Monitoring Report Education for All (EFA): Literacy for All. Paris: Unesco. http://www.unesco.org/education/GMR/2007/Full_ report.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.