Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya dengan Merdeka Belajar

Thessia Permata Bunda, Herman Nirwana, Dina Sukma, Rahmad Firmansyah, Pu’ad Maulana

Abstract

Di era digital ini, dunia pendidikan di Indonesia menghadapi banyak tantangan dan peluang. Salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah Program Merdeka Belajar yang digagas oleh Kemendikbud. Program ini memiliki visi yang sama dengan konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara, yang menekankan kemerdekaan belajar, menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran dan menghargai kreativitas dan inovasi. Konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Mereka Belajar saling melengkapi dan memperkuat upaya untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik dan bermakna bagi seluruh siswa di Indonesia. Implementasi kedia konsep ini secara konsisten diharapkan dapat menghasilkangenerasi muda yang cerdas, berbudi lujur da mampu berkontribusi bagi bangsa. Penelitian ini menggunakan metode kajian kepustakaan yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber bacaan yang relevan mengenai topik yang dibahas.

Keywords

Pendidikan, Ki Hadjar Dewantara, Merdeka Belajar

Full Text:

PDF

References

Akip, M., Azwar, R., Teddy, P., & Doni, A. (2022). Konsep Merdeka Belajar Perspektif Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Tazkirah: Transformasi Ilmu-ilmu Keislaman. Volume. 7, Number. 2.

Ansori., & Fita, P. (2022). Merdeka Belajar dalam Pendidikan Indonesia. Jurnal Jumpa: Manajemen Pendidikan. Vol.3, No. 2.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio. Volume 7, No. 3.

Darlis, A., Ali, I. S., Musthafa, F. P., Lisa, S., & Isnayni, R. (2022). Pendidikan Berbasis Merdeka Belajar. Analytica Islamica. Vol. 11, No. 2.

Devian, L., Desyandri., & Yeni, E. (2022). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengebangan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Volume 4, Nomor 6.

Dewantara, K. H. (1962). Karja I (Pendidikan). Jogjakarta: Taman Siswa.

Muslikh, A. (2023). Relevansi Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dengan Pendidikan Islam dalam Membangun Bangsa Mandiri dan Berperadaban. Jurnal Pendidikan Islam Walisongo. 24(2), 277-290.

Nadiroh, S., Endry, B., & Faisal, M. (2020). Merdeka Belajar: dalam Mencapai Indonesia Maju 2045. Jakarta Timur: UNJ Press.

Nazarudin. (2019). Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Palembang: Amanah.

Nissa, I. C., & I Wayan, S. (2023). Kurikulum Merdeka dari berbagai Perspektif Filsafat Pendidikan dan Filosofi Ki Hadjar Dewantara. Empiricism Journal. Vol. 4, No 2.

Suparlan, H. (2015). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Sumbangan Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat. Vol. 25, No. 1.

Widiarsa. (2019). Kajian Pustaka (Literatur Review) sebagai Layanan Intim Pustakawan Berdasarkan Kepakaran dan Minat Pemustaka. Media Informasi. Volume 28, No. 1.

Widyastuti, R. (2021). Relevansi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dengan Konsep Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional. ISBN: 978-602-53231-6-4.

Witasari, R. (2021). Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya dengan Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar. Jurnal of Indonesian Elementary School and Education. Vol. 1, No. 1.

Wiyani, N. A. (2022). Konsep Merdeka Belajar bagi Anak Usia Dini Menurut Ki Hadjar Dewantara. Al-Mudarris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam. Vol. 5, No. 1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.