Penerapan Sistem Among di Sekolah Dalam Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Abstract
Pendidikan di Indonesia masih banyak berfokus pada pencapaian nilai dan hafalan, sehingga kurang membebaskan peserta didik untuk belajar secara mandiri dan kreatif. Hal ini menyebabkan kemerdekaan pendidikan pada peserta didik menjadi terkekang. Pendidikan yang memerdekakan peserta didik merupakan sebuah konsep yang mengedepankan kemandirian dan kebebasan belajar bagi siswa. Sistem Among, sebuah sistem pendidikan tradisional Jawa yang berlandaskan filosofi Ki Hajar Dewantara, memiliki potensi untuk mewujudkan pendidikan yang memerdekakan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan mengumpulkan data-data dari hasil penelitian terdahulu dan hasil-hasilnya yang relevan.Tujuan dari studi literatur dalam penelitian ini adalah 1) menemukan masalah yang akan diteliti, 2) mencari informasi dan data-data yang relevan dengan topik yang akan dibahas, 3) menambah pengetahuan baru dari hasil penelitian yang diteliti, 4) menguji suatu kebenaran dasar pendekatan teori dalam masalah yang diteliti. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem among dinilai efektif dalam mewujudkan pendidikan yang memerdekakan peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad (2019). Relevansi Konsep Pendidikan Berbasis Budaya “Sistem Among” untuk mengembang kan Madrasah Ibtidaiyah. Journal Madrasah. Vol 11 No 02.
Boentarsono, B., dkk. (2018). Tamansiswa Badan Perjuangan Kebudayaan dan Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: UST-Press.
Catur. (2019). Penerapan Sistem Among di Sekolah Dasar Catur. Prosiding Seminar Nasional PGSD Peran Pedidikan Dasar dalam Menyiapkan Generasi Unggul di Era Revolusi Industri 4.0. Vol 11 No 03.
Fressi. (2020) .Sistem Among dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 05 No 08.
Firdiansah, Fikri & Agus Suprijono. (2013). Pendekatan Sistem Among pada Proses Pembelajaran di SMK Taman Siswa Kediri Tahun 20062012/2013 dalam Dinamika Modernisasi. Avatara. e-Journal Pendidikan Sejarah. Vol 01 No 03.
Lana. (2009) . Sistem Among pada Masa Kini: Kajian Konsep dan Praktik Pendidikan. Jurnal Pendidikan. Vol 2 No 1.
Nelly. (2017). Sistem Among Ki Hajar Dewantara Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Sejarah ke 4 Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Padang. Vol 13 No 02.
Noventari. (2016). Harmonisasi Nilai - Nilai Pancasila Dalam Sistem Among Sesuai Dengan Alam Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 1 No. 1.
Nuri. (2020). Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara: Studi Kasus Pelaksanaan Sistem Among Di Sdn Timbulharjo Bantul. Jurnal Pendidikan. Vol 12 No 2.
Raharjo, Sabar Budi. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudaan. Vol 16 no 03.
Reeve, D. (2013). Golkar Sejarah yang Hilang: Akar pemikiran & Dinamika. Jakarta: Komunitas Bambu.
Rifa’i, M. (2011). Sejarah Pendidikan Nasional: Dari Masa Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia
Yamin, M. (2009). Menggugat Pendidikan Indonesia: Belajar Dari Paulo Freire dan Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siti. (2021). Sistem Among dalam Membentuk Karakter pada Siswa Siti. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences. Vol 02 No 02.
Suparsito. (2021). Implementasi Sistem Among Berbantuan Sistem Among Berbantuan VCD Untuk Perolehan Keterampilan Tali Temali Suparsito. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 02 No 02.
Suwarjo. (1999). Pendidikan Among Sistem. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman siswa.
Sari, M., Siswati, T., Suparto, A. A., Ambarsari, I. F., Azizah, N., Safitri, W., & Hasanah, N. (2022). Metodologi Penelitian. Global Eksekutif Teknologi. Medan: Perdana Publishing.
Sugiono, P. D. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Jakarta: Kencana Press.
Tanaka, Ahmad. (2018). Sistem Among : Kajian Komparatif Historikal Sistem Pendidikan Indonesia, Amerika, dan India serta Implikasinya bagi Kemajuan Pendidikan di Indonesia Konteks Kekinian. Jurnal Teknolog iPendidikan Madrasah. Vol 01 No 01.
Pratomo, Wachid. (2018). Modul Kepramukaan. Yogyakarta: UST Press.
Wahyuningsih. (2017). Penanaman Nilai Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Konsep Sistem Among (Asah, Asih, Asuh). : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 1 No. 2.
Wangid, Muhammad Nur. (2009). Sistem Among Pada Masa Kini Kajian Konsep dan Praktik Pendidikan. Jurnal Kependidikan. Vol 02 No 01.
Zed, M. (2004). Metode Peneletian Kepustakaan. Yogyakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.