Potret Keikhlasan dalam Novel Sebuah Usaha Melupakan Karya Boy Candra dan Novel Garis Waktu Karya Fiersa Besari

Qomaria Hasanah

Abstract

Novel sebuah usaha melupakan karya Boy Candra dan novel Garis Waktu karya Fiersa Besari yang diterbitkan pada tahun 2021 oleh Media Kita. Tujuan penelitian untuk untuk menemukan beberapa potret keikhlasan yang ada pada kedua novel tersebut. Kedua novel ini memiliki perbandingan walaupun ceritanya hampir sama. Novel Sebuah Usaha Melupakan mengangkat kisah mengenai patah hati karena adanya orang ketiga yang merebut pasangannya. Novel ini bisa mengajarkan kita untuk tidak berlebihan dalam mencintai. Novel Sebuah Usaha Melupakan mengajarkan kita bagaimana caranya melupakan dan mengikhlaskan pasangan yang kita sayangi. Sedangkan dalam novel Garis Waktu isinya sama-sama menceritakan mengenai patah hati, tapi dalam cerita ini tidak hanya tentang patah hati melainkan juga mengisahkan cita-cita, harapan, keluarga serta tentang kematian. Terutama pesan yang disampaikan pada bab terakhir yaitu Oktober, tahun keempat yang di mana tokoh aku menceritakan kerinduannya kepada orang tuanya, terutama pada ibunya. Disisi lain, tokoh aku harus mengikhlaskan kepergian pasangannya yang akan menikah dengan lelaki idaman pilihannya. Kedua novel ini memiliki ujung kisah yang sama-sama saling meikhlaskan, karena tokoh aku pada kedua novel ini harus mengikhlaskan pasangan yang sangat dicintainya

Keywords

Potret Keikhlasan, Novel, Sastra Bandingan.

Full Text:

PDF

References

Abdul, H.K. (2016). Aktualisasi Keikhlasan Dalam Pendidikan; Telaah Atas Novel Laskar Pelangi. Jurnal Ilmiah Al-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner, 1 (1): 70.

Ahmad, Bahtiar., Haryanti N., Dipurnomo N. (2022). Kebutuhan Buku Ajar Bahasa Sejarah Sastra Indonesia Perspektif Islam Di Lingkungan Perguruan Tinggi Islam. Jurnal: Dialektika: Jurnal bahasa, sastra, dan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 9 (1):2.

Astuti, Endri Rika., Mujiyanto Y., Rohmadi M. (2016). Analisis Psikologi Sastra Dan Nilai Pendidikan Dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari Serta Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Basatra Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 4 (2):179.

Farhanna, Juliani. (2019). Perjuangan Perempuan dalam Novel Para Pawestri Pejuang Karya Suparto Brata dan Novel God’s Callgirl Karya Carla Van Raay (Kajian Sastra Bandingan). Jurnal: Elite Journal: International Journal of Education, Language, and Literatur, 1 (2).

Hafiz, Iqbal Muhammad., & Rizky Nurfadillah. (2023). Judul Analisis Keutamaan Sikap Sabar Dalam Menghadapi Musibah. Hibrul Ulama: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keislaman 5 (1).

Khoirunnisa, Ananda Siti., Nugroho R. A. (2023). Mekanisme Pengetahuan Diri dan Coping Stress Tokoh Utama dalam Antologi Cerpen “Malam Terakhir” Karya Leila S. Chudori: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Sastra Indonesia 12 (3).

Lismijar. (2019). Pembinaan Sikap Ikhlas Menurut Pendidikan Islam, (Dosen Tetap STAI PTIA Yayasan Tgk Chik Pante Kulu Darussalam Banda Aceh).

Sartika, Eka., Kau M. U., Asmagvira A., Ali A. H. (2022). Analisis Pendekatan Psikologi Sastra Dalam Novel RE: Dan Perempuan, Jurnal: JBSB (Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya) 12 (2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.