Implementasi Model Problem Based Learning Didukung Window Shopping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif

Reiyang Vivi Indriyani, Aulya Nanda Prafitasari, Moh. Abdul Somad, Ali Usman

Abstract

 Indikator kualitas pendidikan dilihat dari hasil belajar peserta didik. Hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran. Upaya meningkatkan hasil belajar dilakukan dengan cara  mengimplementasikan metode dan model pembelajaran yang efektif yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didiknya. penerapan window shopping pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif.  Strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X.6 SMAN Umbulsari dengan mengimplementasikan window shopping dalam model pembelajaran PBL. Analisis data  yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan  adanya peningkatan hasil belajar  kognitif  dan prosentase ketuntasan dari siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata hasil belajar kognitif siklus 1 adalah 83,86 dengan prosentase ketuntasan sebesar 66,6%, sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar menjadi 90,19 dengan prosentase ketuntasan meningkat menjadi 90%. Kesimpulan dari PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan di kelas X.6 SMAN Umbulsari menunjukkan hasil belajar kognitif meningkat pada penerapan model pembelajaran PBL berbantuan window shopping.

Keywords

PBL; Window Shopping; Kognitif

Full Text:

PDF

References

Djonomiarjo, Triono. (2019)`. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Vol.5(1).

Firmansyah,Dani.(2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA. Vol.3(1).

Mayasari,A., et al. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran.Jurnal Tahsinia. Vol.3(2).

Meilasari,S., et al. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. Vol.3(2).

Nafiah, Y.N. & Suyanto,W. (2014).Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol.4(1).

Prasetyo,A.D. (2021). Pemanfaatan Model Belajar Window Shopping dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar. Pedagogika. Vol.12(2).

Negara,I.S.K. (2020). Peningkatan Minat Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif window shopping pada Mata Kuliah Ekonomi Pembangunan. Hospitality 105. Vol.9(1).

Werdiningsih, et al. (2021). Pembelajaran Aktif dengan Case Method. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Wirana,R. et al. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah. Vol.5(4).

Sulistyaratih,N.I. et al. (2021). Penerapan Problem Based Learning dan window shopping untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Profesi Pendidikan. Vol.2(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.