Peningkatan Hasil Belajar Simetri Lipat Dan Putar Melalui Penerapan Model Team Games Tournament (TGT) Berbantu Media Simlitar Pada Siswa Kelas 3 SDN Sekaran 02 Semarang
Abstract
Pembelajaran bisa dikatakan sebagai cara untuk memberikan ilmu serta menerima ilmu, zaman sekarang pembelajaran dilakukan dengan inovasi serta pembaharuan agar bisa tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Peneliti memberikan sebuah pandangan mengajar agar bisa lebih menarik minat serta bisa meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model dan media terbaru. Terutama pada pembelajaran matematika yang harus dibantu dengan media nyata bukan teori saja. Terkhusus materi simteri lipat dan putar untuk siswa kelas III, mereka tidak bisa diberikan teori saja tetapi harus diimbangi dengan penggunaan model dan media yang mendukung. Peneliti memberikan gambaran penggunaan model team games tournament berbantu media simlitar untuk mempermudah guru dalam mengajar serta mempemudah siswa dalam menerima materi. Nantinya jika proses pembelajaran berjalan dengan baik maka bisa dipastikan hasil belajar yang diperoleh siswa akan baik juga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyaningsih. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.1 Edisi Januari 2017. ISSN: 2442-7470
Juniarsih dkk 2022. Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Simetri Lipat Dan Simetri Putar Melalui Media Sparkol. Journal of Education Research 4(1), 2022, 8-17
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Malahati, Fildza, Maemonah. “Analisis Hambatan Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Pembagianâ€. Jurnal Literasi, XIII (01), 2022 E-ISSN 2503-1864
Pakpahan, Fernando Andrew dkk, Pengembangan media pembelajaran. Lokasi: Yayasan kita menulis, 2022
Slavin R.E. (2011). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyadi. 2011. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.
Wahyuningtyas R, Sulasmono Sugeng B. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 2 Nomor 1 April 2020 Halaman 23- 27.
Refbacks
- There are currently no refbacks.