Peningkatan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik, Berbantuan Media Kubus Bergambar, Melalui Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Di SD Negeri Sekaran 02, Kota Semarang

Bashar Ridwan, Farid Ahmadi, Gigih Malinda Puspitasari

Abstract

Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas, yang peneliti lakukan, adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif, yaitu dengan berkolaborasi, dengan wali kelas IV B, sekaligus Guru Pamong, dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif ini, bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan keterampilan dari peserta didik, terutama dari aspek kognitif, dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, dalam pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri Sekaran 02, pada materi Kebutuhan dan Keinginnan Manusia. Penelitian ini, dilaksanakan di Kelas IV SD Negeri Sekaran 02, dengan jumlah 18 peserta didik. Peserta didik SD, merupakan termasuk ke dalam fase dengan tingkat pertumbuhan kognitif yang pesat, sehingga perlu peran pendamping dalam tumbuh kembangnya aspek kognitif dari peserta didik. Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini, untuk mendeskripsikan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share, dalam meningkatkan hasil belajar dari peserta didik dalam pelajaran IPAS, pada materi Kebutuhan dan Keinginnan Manusia. Peneliti menggunakan media Kubus Kebutuhan dan Keinginnan Manusia pada peserta didik. Karena peserta didik SD, berada pada tahap operasional kongkrit, yaitu pada tahap yang memerlukan contoh nyata atau benda asli yang diwujudkan dalam bentuk benda asli atau benda 3 dimensi, yaitu: berupa Media Kubus Kebutuhan dan Keinginnan Manusia. Hasil penelitian, menunjukkan pada tes diagnostik awal, jumlah peserta didik yang tuntas adalah: 10 orang, (58 %). Pada Siklus I, jumlah peserta didik yang tuntas adalah 12 orang  (67 %). Pada Siklus II, peserta didik yang tuntas adalah 15 orang (84 %). Dan pada siklus III, menunjukkan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 18 orang (100 %). Hal ini, menunjukkan keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif TPS (Think Pair Share), yang dipadukan dengan Project Based Learning (membuat poster Kebutuhan dan Keinginnan Manusia), dapat meningkatkan hasil belajar IPAS dari peserta didik.

Keywords

Think Pair and Share Model, Hasil belajar peserta didik, Media Kubus Bergambar,

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2016. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djaeng, Maxinus. 2017. Pembelajaran IPAS pada anak SD. Palu: FKIP Universitas Tadulako, Palu.

Hamalik. 2019. Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Idayu Ria Pramudyanti, S.Si. Ilmu Pengetahuan Alam SMK 2b. Klaten Selatan Ibrahim, 2019. Model Think- Pair-Share (TPS). Jakarta: PT.Rineka cipta.

Muslich, Masnur. 2019. Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research). Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. 2018. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.