Peningkatan Hasil Belajar Tema 9 Melalui Penerapan Model Number Head Together dengan Media Augmented Reality dan Video Pembelajaran pada Siswa Kelas 5 SDN Sekaran 02 Semarang

Tasya Labella Rizqi, Farid Ahmadi, Yunita Tiara Riski

Abstract

Latar belakang penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar siswa kelas 5 SDN 2 Sekaran yang cukup rendah. Hasil belajar tema 8 kelas 5 sebanyak 60% dari 28 siswa belum memenuhi KKM. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media pembelajaran Augmented Reality (AR). Penelitian ini dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 5 SDN 2 Sekaran. Penelitian ini menggunakan 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan. Dari penelitian, didapatkan hasil bahwa melalui model NHT dengan media AR, terdapat peningkatan hasil belajar kelas 5 SDN 2 Sekaran sebesar 82%. Diharapkan dengan model pembelajaran NHT dan media pembelajaran AR dapat memberikan kontribusi dalam perbaikan pembelajaran kelas 5 SDN 2 Sekaran.

Peningkatan Hasil Belajar Tema 9 Melalui Penerapan Model Number Head Together dengan Media Augmented Reality dan Video Pembelajaran pada Siswa Kelas 5 SDN Sekaran 02 Semarang

Keywords

Hasil belajar, Number Head Together, Augmented Reality

Full Text:

PDF

References

Purnama Sari, Eka. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Media Augmented Reality (AR) Materi Sistem Tata Surya dalam Pembelajaran IPA Kelas VI MI AL-Mursyidiyyah. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rifa’i, A., & Anni, C. T. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat pengembangan MKU-MKDK Unnes

Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Taqyuddin, Muhammad. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Sistem Organ Tubuh Manusia Untuk Kelas VII SMPN 41 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.