Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Peningkatan Jumlah Mahasiswa Universitas Amir Hamzah Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari orang (sumber daya manusia) dan teknologi terhadap peningkatan jumlah mahasiswa Universitas Amir Hamzah. Metodologi penelitian yang digunakan berjenis kuantitatif, yaitu penelitian yang digunakan berwujud angka dan cara pembahasannya dengan uji statistik. Teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan Analisis Deskriptif, Analisis Regresi. Analisis ini mencakup: Validitas dan realiabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan f, dan analisis koefisien determinasi (R2). Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 30 responden yang diambil. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa variabel orang berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah mahasiswa Universitas Amir Hamzah dimana thitung 2.05183 > ttabel 6.641 ini berarti bahwa H1 dapat diterima dan terdapat hubungan antara orang terhadap peningkatan jumlah mahasiswa Universitas Amir Hamzah. Untuk variabel teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah mahasiswa Universitas Amir Hamzah dimana thitung 2.05183 > ttabel 2.071 ini berarti bahwa H2 dapat diterima dan terdapat hubungan antara teknologi terhadap peningkatan jumlah mahasiswa Universitas Amir Hamzah. Sedangkan uji F menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 127.161 > 3.35. Yang berarti variabel bebas orang (sumber daya manusia) dan teknologi secara serempak (simultan) berpengaruh terhadap variabel terikat peningkatan jumlah mahasiswa. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 90,4% faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan jumlah mahasiswa dapat dijelaskan oleh orang (sumber daya manusia) dan teknologi sedangkan sisanya 9,6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alexander Sindoro dan Benyamin Molan (Penterjemah). 2002. Dasar – Dasar Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Buttle, Francis. 2004. Customer Relationship Management, Ed Berilustrasi, Cetak Ulang: Elsevier Butterworth-Heinemann.
David, Aaker A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Jakarta: Salemba Empat.
Gifano, Afif, 2012. “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Program Garuda Frequent Flyer pada Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia di Jakartaâ€.
Helmi, Syafrizal, dan Muslich Lufti. 2012. Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis, edisi dua. Medan: Penerbit USU press
Kanaidi, dan Ari Kurniawan. Analisis Customer Relationship Management (CRM) Pada SBU Pos Admilâ€
Kertajaya, Hermawan. 2002. Hermawan Kertajaya on Marketing Mix. Edisi Soft Cover. Bandung : Mizan Media Utama.
Tjiptono, Fandy. 2004. Strategi Pemasaran edisi tiga, Penerbit Andi Yogyakarta
Tunggal, Amin Widjaja. 2008. Dasar – Dasar Customer Relationship Management (CRM). Jakarta: Harvindo.
Yulinartha, Khairman, 2010. “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan Rama Jaya Fitness Centre Sidoarjoâ€.
Refbacks
- There are currently no refbacks.