Perbandingan Pembelajaran Tatap Muka Dan Blended learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar

Nuryulianti N, Wita Afrianty, Sigit Eka Pambudi, Aprinanda Fasta Bagaskara Pamungkas, Yoga Pranata, Dimas Akbar Gea Pangestu Putra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pembelajaran tatap muka dan blended learning terhadap hasil belajar pada mareri algoritma dan pemrograman siswa kelas X SMK Negeri 1 Jawai ditinjau dari gaya belajar. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah 70 siswa dan sampel penelitian sejumlah 70 siswa dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak  terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran blended learning dengan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Jawai pada materi Algoritma dan Pemrograman.

Keywords

Pembelajaran Tatap Muka, Blended Learning, Gaya Belajar.

Full Text:

PDF

References

Abidin, A. M. (2019). Kreativitas Guru Menggunakan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktika, 11(2), 225. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.168

Asela, S., Salsabila, U. H., Lestari, N. H. P., Sihati, A., & Pertiwi, A. R. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 599–597.

Astuti, S. (2022). STRAREGI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 KARANG TENGAH SUMATERA SELATAN. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Azzahrah Putri, R., Magdalena, I., Fauziah, A., & Nur Azizah, F. (2021). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157–163. https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i2.26

Endrawati, P., & Ramlah. (2021). Analisis kemampuan penalaran matematis pada materi peluang ditinjau dari kemampuan awal siswa. Maju, 8(2), 148–158. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/712

Fadhilah, M. N. (2020). Blended Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Hots Mahasiswa Pgmi Staipana. Jurnal Studi Islam, 15(1), 111–122.

Hasbullah, H. (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Matematika Masa Depan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i1.140

M, A. G., Suryaningtiyas, W., & Kristanti, F. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII di SMPN 38 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 10. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.97

Marliandy, P. I., Basyah, N. A., & Husna, A. (2023). Proses Pembelajaran Blended Learning Dalam Mata Pelajaran Ekonomi. Economica Didactica, 4(1), 2–5.

Nurhayati. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bimbingan Mata Pelajaran IPA di Kelas III SD Inpres 1 Bainaa. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 1–11.

Purwanto, N. (2019). Tujuan Pendidikan Dan Hasil Belajar: Domain Dan Taksonomi. Jurnal Teknodik, 146–164. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.541

Rahma, I. F., & Hrp, N. A. (2023). Monograf Model Belended Learning Berbasis Projek Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Dan Pemahaman Konsep Matematis.

Rifa’ie, M. (2020). FLEKSIBILITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 197–209. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1605

Safi’i, U., Saputro, M., & Firdaus, M. (2022). STRATEGI HEURISTIC TERHADAP KEMAMPUAN MATERI BANGUN DATAR yang bernama Musleh , S . Pd diperoleh informasi bahwa sekitar 80 % siswa di MTs. 4, 388–397.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Rnd. In Alfabeta. Alfabeta. https://doi.org/10.1177/003754977101600108

Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.