Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat Melalui Budidaya Ikan Air Tawar di Desa Doroampel Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun 2024

Muhammad Fahrul Aziz Amanulloh, Maria Agatha Sri W. H

Abstract

Penelitiant ini membahas tentang upayat peningkatan perekonomian masyarakat melalui budidaya ikan air tawar. Penelitian ini dilakukan karena banyaknya Masyarakat yang minat dalam usaha di bidang budidaya ikan air tawar. Untuk mengetahui upaya meningkatkan perekomian Masyarakat melalui budidaya ikan air tawar di Desa Doroampel Kecamatan Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tersebut menunjukan telah memberikan peran dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Doroampel Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Dilihat dari jumlah pendapatan maupun keuntungan yang diterima. Selanjutnya dengan cara mengembangkan dan memasarkan usaha budidaya ikan air tawar itu sehingga diperoleh pendapatan dan keuntungan. Akan tetapi, tusaha budidaya ikan air tawar itu memiliki hambatan diantaranya serangan penyakit dan cuaca yang ekstrim. Namun, hal itu masih bisa diatasi dengan pembiaran obat– obatan secara alami maupun obatan secara kimia, sedangkan cuaca itu bisa diatasi dengan mengaliri air. Sehingga hal tersebut tidak menimbulkan kerugian bagi usaha budidaya ikan air tawar.

Keywords

TuliskanBudidaya Ikan Tawar, Ekonomi Msyarakat, Strategi Budidaya Ikan air Tawar

Full Text:

PDF

References

Djunaidah (2017). Tingkat Konsumsi Ikan di Indonesia, Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan Vol.1, No.2, (Bandung: Jurnal Universitas Padjajaran).

Mayasari, A. E. (2021). Peran usaha budidaya ikan air tawar dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Lenek Kecamatan Lenek Kabupaten Lombok Timur (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). No Title No Title No Title. Paper Knowledge .Toward a Media History of Documents, 12–26.

Setiawan, (2016). Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar Rekreatif Di Karanganyar Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Siska, Y. H., Anwari, M. S., & Yani, A. (2020). Keanekaragaman Jenis Ikan Air Tawar Di Sungai Kepari Dan Sungai Emperas Desa Kepari Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang. Jurnal Hutan Lestari, 8(2), 299–309.https://doi.org/10.26418/jhl.v8i2.39827

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wirasamita Yuyun (2013). Bisnis Islam. Bandung: PT. Indek.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.