Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Waktu dengan Team Game Tournament (TGT) berbantu Model Jam pada Kelas II A SD Negeri Sekaran 02

Syerin Nur Fadila, Farid Ahmadi, Anita Yuniarti Nurjannah

Abstract

Matematika merupakan salah satu muatan pelajaran sukar bagi sebagian peserta didik. Oleh karenanya, sebagian besar peserta didik tidak menyukai muatan pelajaran ini. Hal ini menyebabkan hasil belajar matematika kelas II A rendah. Hasil belajar peserta didik kelas II A tema 8 subtema 1 sebanyak 77,7% dari 18 peserta didik belum mampu mencapai KKM. Model Team Games Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran yang dipilih peneliti dan diharapkan mampu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II A SD Negeri Sekaran 02. Untuk memaksimalkan hasil belajar peserta didik kelas II A peneliti juga menggunakan model jam. Berdasarkan karakteristik peserta didik kelas II A yang aktif, peneliti bermaksud dengan menerapkan model Team Games Tournament (TGT) mampu sebagai fasilitator dan sarana pengalihan keaktifan peserta didik yang awalnya aktif dalam bermain menjadi aktif dalam belajar. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peniliti terbagi menjadi dua siklus, setiap siklusnya terbagi menjadi beberapa tahap yakni; 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Peneliti menggunakan teknik test (tes diagnostik dan soal evaluasi) dan teknik non-test (pengamatan atau observasi dan dokumentasi) untuk mengumpulkan data penelitian. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh peneliti adalah jumlah peserta didik yang mampu mencapai KKM yakni 65 minimal 75% dari keseluruhan jumlah peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian mampu ditarik kesimpulan bahwa model Team Games Tournament (TGT) berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II A SD Negeri Sekaran 02 muatan pelajaran matematika materi waktu yang dibuktikan dengan 94,4% peserta didik berhasil mencapai KKM.

Keywords

Team Games Tournament (TGT), hasil belajar, matematika.

Full Text:

PDF

References

Wilujeng, Sri. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Model Team Games Tournament (TGT). Journal of Elementary Education, 2(1), 45-53

Sidiq, Achmad N. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament pada Peserta didik SD Negeri Tukangan Yogyakarta. Journal of Mathematics Education, 6(1), 68-75

Cahyaningsih, Ujiati. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 1-5

Wijaya, Andi, dkk. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Listening Team dengan Media Audiovisual Tema 8 Kelas 3A SD Negeri Wonotingal Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Cerdas mendidik, 1(1), 1-20

Surya, Yenni F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Gamestournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajarmatematika Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia, 2(1), 154-163

Sulfemi, Wahyu B. Setianingsih. (2018). Penggunaan Tames Games Tournament (TGT) Dengan Media Kartu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal Of Komodo Science Education, 1(1), 1-14

Damayanti, Sri. M. Tohimin A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(2), 235-244

Dewiyanti, Ni K, dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaranv, 2(1), 29-37

Yahya, Amran. Nur Wahidah B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Aplikasi QR Code Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara, 5(1), 90-100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.