Penigkatan Kemampuan Speaking Dengan Menggunakan Metode Drill Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Perangkat Multimedia Pada Siswa Kelas 8 (Penelitian Tindakan Kelas di SMPN 16 Palembang)

Yuspar Uzer, Yus Vernandes Uzer, Ferri Hidayad

Abstract

Judul Penelitian ini “Peningkatan Kemampuan Speaking Dengan  Menggunakan Metode Drill Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris  Melalui Perangkat Multimedia Pada Siswa Kelas 8  (Penelitian Tindakan Kelas Di SMPN 16 Palembang). Rumusan masalah Apakah Effective Peningkatan Kemampuan Speaking Dengan  Menggunakan Metode Drill Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris  Melalui Perangkat Multimedia Pada Siswa Kelas 8  (Penelitian Tindakan Kelas Di SMPN 16 Palembang). Hasil Penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar keterampilan berbicara dan aktivitas belajar murid kelas dengan tema Peningkatan Kemampuan Speaking Dengan  Menggunakan Metode Drill Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris  Melalui Perangkat Multimedia Pada Siswa Kelas 8  (Penelitian Tindakan Kelas Di SMPN 16 Palembang) mengalami peningkatan. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, nilai rata-rata yang diperoleh murid setelah mengikuti tes akhir dari siklus I ke siklus II setelah diterapkan metode pembelajaran mengalami peningkatan yaitu dari 62 pada siklus I menjadi 94 pada siklus II dari nilai ideal yang mungkin dicapai yaitu 100. Ketuntasan belajar Keterampilan berbicara murid kelas I juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, dari 10 (40%) murid menjadi pada siklus II sebanyak 24 (96%) murid mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai. Aktivitas belajar murid dari awal pembelajaran siklus I sampai dengan akhir pembelajaran siklus II mengalami peningkatan yang positif. Hal tersebut terlihat dari murid yang hadir, bertanya, menjawab pertanyaan semakin bertambah, murid semakin aktif menyelesaikan tugas, dan murid yang melakukan kegiatan lain pada saat pembelajaran semakin berkurang. Keseluruhan dari hasil analisis kuantitatif dan deskriptif dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Drill dapat dijadikan acuan dalam proses pembelajaran di kelas dengan tema Peningkatan Kemampuan Speaking Dengan  Menggunakan Metode Drill Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris  Melalui Perangkat Multimedia Pada Siswa Kelas 8  (Penelitian Tindakan Kelas Di SMPN 16 Palembang)

Keywords

Peningkatan, kemampuan berbicara, metode drill, pembelajaran bahasa inggris, multimedia

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Siswa. Bandung:Rosda.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Iskandar, Denny. 2015. Berbicara dan Pembelajarannya. http://file.upi.edu. Diunduh tanggal 10 Januari 2023. https://www.learner.org/workshops/artsineveryclassroom/. Diunduh pada 11 Januari 2023.

Hurlock, Elizabeth B. 2002. Psikologi Perkembangan, edisi kelima. Jakarta: Erlangga.

Jalil, Jasman. 2014. Panduan Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Prestasi Pustaka. 107

Ladousse, Gillian Porter. 2009. Role Play, twentieth edition. New York:

Oxford University Press.

Ladousse, Gillian Porter. 2009. Role Play. https://www.teachingenglish.org.uk/article/role-play. Diunduh pada 11 Januari 2022 pukul 21:35.

Kamal, Sirajuddin dan Novita Triana, Penggunaan Metode Drill Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Komariyah, Chayun Sri. 2012. Pembelajaran Bahasa Inggris di MI Ma’arif Beji Tahun Pelajaran 2012/2013. Purwokerto: STAIN Purwokerto

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rodakarya Offset

Ma’mur Asmani, Jamal. 2013. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Yogyakarta: DIVA press

Moelong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

McKay, Penny. 2006. Assesing Young Language. London: Cambridge University Press.

Miculka , Jean. 2007. Speaking for Success, second edition. Ohio: South-Western Educational Publishing.

Mulyati, Yeti dkk. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sumantri, Mulyani dan Nana Syaodih. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Surna, I Nyoman dan Olga D. Pandeirot. 2014. Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga.

Tarigan, H.G. 2008. Berbicara Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wilkin. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Group Teaching Terhadap Ketrampilan Berbicara Siswa SMA. http://www.infodiknas.com/pengaruh-metode-pembelajaran-drillteaching- terhadap-keterampilan-berbicara-siswa-sma.html. Diunduh pada 11 Januari 2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.