Motivasi, Pengajaran, dan Pembelajaran
Abstract
Pengajaran, pada gilirannya, harus secara strategis dirancang untuk memelihara dan menyalurkan motivasi ini, dengan strategi yang diinformasikan oleh pemahaman tentang berbagai motivasi intrinsik dan ekstrinsik yang mendorong pembelajaran. Akhirnya, pembelajaran yang optimal terjadi dalam lingkungan yang responsif dan adaptif, di mana guru bertindak sebagai fasilitator, menciptakan peluang bagi siswa untuk secara aktif terlibat dengan konten dan membangun pemahaman mereka sendiri. Penelitian ini dibuka dengan memeriksa sifat motivasi dan berbagai teorinya, menyoroti pentingnya kebutuhan bawaan seperti kompetensi, otonomi, dan keterkaitan dalam memicu minat dan tekad belajar. Kami kemudian membahas peran guru dalam menumbuhkan motivasi intrinsik melalui strategi pengajaran yang berpusat pada siswa, kurikulum yang relevan, dan lingkungan belajar yang kolaboratif dan mendukung. Makalah ini juga mengakui pentingnya motivasi ekstrinsik, seperti penguatan positif dan umpan balik, dalam mendorong perilaku dan pencapaian, sambil menekankan perlunya keseimbangan yang hati-hati untuk menghindari menghambat motivasi intrinsik. Pembelajaran diakui sebagai proses aktif dan konstruktif, di mana siswa secara kritis terlibat dengan informasi dan membangun pemahaman mereka sendiri. Makalah ini menggarisbawahi pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang mendorong pertanyaan, eksplorasi, dan kolaborasi. Guru harus memfasilitasi diskusi, mendorong pemikiran kritis, dan menyediakan kesempatan bagi siswa untuk belajar dari dan satu sama lain. Motivasi, pengajaran, dan pembelajaran adalah tiga komponen penting dari pendidikan yang efektif. Makalah ini telah menguraikan hubungan kritis mereka, menekankan pentingnya motivasi sebagai landasan untuk pengajaran dan pembelajaran yang sukses. Pengajaran yang efektif, pada gilirannya, harus dirancang untuk memelihara dan menyalurkan motivasi, sementara pembelajaran optimal terjadi dalam lingkungan yang responsif dan adaptif di mana siswa secara aktif terlibat dan membangun pemahaman mereka sendiri. Dengan memahami dan memanfaatkan hubungan dinamis ini, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi, menarik, dan memberdayakan di mana semua siswa dapat mencapai potensi penuh mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmid, M. H., Abdullah, M. K., & Johari, K. (2018). Pengajaran Guru dan Kepercayaan Motivasi Pelajar dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJ - SSH), 3(3).
Aminah, J., & K Han, C. G. (2020). Pengaruh pengalaman mengajar dalam pengetahuan, motivasi dan pelaksanaan pengajaran dan pembelajaran STEM. Jurnal Pendidikan Sains & Matematik Malaysia, 10(2).
Covid-19: Sikap, Motivasi dan Halangan Dalam Pelaksanaan Pengajaran dan Pembelajaran Dalam Talian (PdPDT) Pelajar Kolej Komuniti Semasa Perintah Kawalan Pergerakan (PKP). (2021). Jurnal Dunia Pendidikan. https://doi.org/10.55057/jdpd.2021.3.4.7
Darmayanti, D. (2022). UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PENGAJARAN VARIATIF PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BAUBAU. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.120
Fauziah Nasution, Nadila Adelia Putri, & Sahfitri Ahwani. (2023). Motivasi dalam Pembelajaran dan Pengajaran. Cendekiawan : Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 2(1). https://doi.org/10.61253/cendekiawan.v2i1.150
Hanis, Ku Fatahiyah, Wazzainab Ismail, Farah, & Norafidah Gordani. (2015). Tahap Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Terhadap Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Kalangan Pelajar Tahfiz Di Selangor. Kolej Universiti Islam Antarabangsa Selangor.
Harun H. (2006). Minat, motivasi dan kemahiran mengajar guru pelatih. Jurnal Pendidikan, 31.
Jasmi, K. A., Tamuri, Ab. H., & Mohd Hamzah, M. I. (2011). Kajian Kes Penggunaan Kaedah Pengajaran Dan Pembelajaran Guru Cemerlang Pendidikan Islam (GCPI) Sekolah Bandar Dan Luar Bandar: Satu Kajian Perbandingan. Jurnal Teknologi. https://doi.org/10.11113/jt.v56.66
Jasmi, K. A., Tamuri, Ab. H., & Mohd Hamzah, M. I. (2012). Sifat dan Peranan Keperibadian Guru Cemerlang Pendidikan Islam (GCPI) dan Hubungannya Dengan Motivasi Pelajar. Jurnal Teknologi. https://doi.org/10.11113/jt.v51.157
Mohammad Haafiz Ahmid, Mohd Khairuddin Abdullah, & Khalid Johari. (2018). Pengajaran Guru dan Kepercayaan Motivasi Pelajar dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJ - SSH), 3(3).
Muhamad Suhaimi Taat, & Mohd Yusof Abdullah. (2014). Impak Pengajaran dan Bimbingan Guru Pendidikan Islam Terhadap Motivasi dan Pembelajaran Terarah Kendiri Pelajar. Jurnal Pemikir Pendidikan, 5.
Ramli, N., & Zulkifli, H. (2022). Tahap Kesediaan Dan Motivasi Guru Pendidikan Islam Terhadap Pengajaran dan Pembelajaran Atas Talian. International Journal of Advanced Research in Islamic Studies and Education (ARISE), 2.
VOON, S. H., & AMRAN, M. S. (2021). Pengaplikasian Teori Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Matematik. Sains Insani, 6(2). https://doi.org/10.33102/sainsinsani.vol6no2.285
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.